HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebuah masjid megah yang berusia ratusan tahun muncul seketika setelah terendam sebuah bendungan raksasa bernama Phulwaria di Bihar, India selama 30 tahun.

Dilansir dari Bellingham Herald, Minggu (11/9), masjid tersebut muncul kembali ke permukaan usai bendungan Phulwaria mengalami penyusutan akibat cuaca panas akhir-akhir ini sehingga menimbulkan kekeringan.

Bangunan tersebut bernama masjid Noori yang dikabarkan telah berusia sekitar 120 tahun.

Penyusutan bendungan itu pun diakibatkan kondisi cuaca ekstrim dimana Bihar hanya menerima 40 curah hujan dan kondisi terkini dinyatakan sebagai musim terkering di Bihar dalam 50 tahun terakhir.

Laporan itu juga mengungkapkan, dahulu terdapat pemukiman warga yang tinggal di area masjid, namun harus pergi meninggalkan wilayah sekitar karena adanya pembangunan Bendungan Phulwaria.

Kemudian, dari pantauan tim Holopis menurut unggahan YouTube bernama Manmauji Baba, masjid tersebut terlihat masih berdiri kokoh meski telah terendam air selama 30 tahun lamanya, dimana terdapat tiga pintu besar dengan tiga buah kuba di atasnya.