HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah melakukan pengecekan terakhir hasil revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma pada Sabtu (10/9) kemarin.

Berdasarkan hal pengecekan tersebut, Menhub Budi mengklaim Bandara Halim Perdana Kusuma siap digunakan untuk menyambut para tamu negara forum G20 presidensi Indonesia yang akan berlangung pada bulan depan.

“Hari ini saya melakukan cek terakhir hasil revitalisasi Bandara Halim. Meskipun waktunya pengerjaan pendek (6 bulan), tetapi berkat kolaborasi semua pihak, revitalisasi ini bisa kita laksanakan dengan baik,” ujar Menhub dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/9).

Dia menekankan, bahwa revitalisasi yang dilakukan di bandara tersebut tdaklah sederhana. Budi lantas memaparkan sederet perbaikan yang dilakukan, seperti runway dan apron, serta terminal VVIP, sistem drainase, dan penataan fasilitas lainnya.

“Kita lakukan revitalisasi runway yang tadinya ada masalah karena umur, di mana saat ini sudah terselesaikan. Dengan panjang runway 3000 meter, semua jenis pesawat hingga Boeing 747 dan 777 bisa mendarat ke Halim,” tuturnya.

Dalam tinjauannya, Menhub Budi juga sempat melihat penampakan gedung baru terminal VVIP yang telah didekorasi dengan sentuhan tradisional tetapi tetap modern. Di sisi interior terminal terdapat karya pelukis Irwan Yusuf, yang mengekspresikan nuansa pepohonan dari jaring-jaring yang sederhana tetapi tetap elegan.

“Ini membanggakan dan kita tidak kalah dengan terminal internasional VVIP negara-negara lain,” ucapnya.

Lebih lanjut Menhub mengapresiasi dukungan dan kolaborasi semua pihak atas kelancaran revitalisasi Bandara Halim, di antaranya yaitu: Sekretariat Negara, TNI AU, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia, operator penerbangan, para seniman dan desainer, kontraktor Wijaya Karya, dan pihak-pihak terkait lainnya.