Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizKPPU Minta Kemendag Turunkan HET Minyak Goreng

KPPU Minta Kemendag Turunkan HET Minyak Goreng

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menyesuaikan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng menjadi di bawah Rp14.000 per liter.

Deputi bidang Kajian dan Advokasi KPPU Taufik Ariyanto mengatakan, untuk harga minyak goreng curah atau kemasan sederhana dapat diturunkan menjadi Rp12.000 dan Rp17.000 per liter untuk minyak goreng kemasan premium.

“Penyesuaian harga tersebut dapat dilakukan karena harga minyak crude palm oil (CPO) telah turun dibandingkan pada bulan Juli 2021, serta mengacu pada harga CPO dan rasio antara harga tandan buah segar (TBS) dan minyak goreng pada periode Juni – Juli 2021,” jelas Taufik dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Sabtu (10/9).

Taufik menambahkan, pihaknya sejak tahun lalu telah melakukan pengawasan dan tengah melakukan penegakan hukum atas dugaan pelanggaran undang-undang di sektor minyak goreng.

Apabila mengacu pada data pergerakan harga TBS-CPO-minyak goreng sampai Agustus 2022, fluktuasi harga CPO di tingkat global maupun domestik sudah relatif stabil mendekati pergerakan harga periode Juli 2021.

“Namun sampai saat ini data menunjukan harga minyak goreng belum menunjukkan penurunan yang substansial baik yang kemasan premium maupun kemasan sederhana (curah),” jelasnya.

Dapun hasil analisis KPPU mendapati adanya perbedaan harga antara CPO dengan minyak goreng yang tergolong besar. Hal itu dapat dianalisis melalui rasio harga CPO-minyak goreng kemasan sederhana dan premium.

“Hal ini menunjukkan bahwa margin pelaku usaha minyak goreng masih dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan perbandingan rasio, kenaikan harga minyak goreng tidak berbanding lurus dengan harga TBS,” tutupnya.

Atas dasar-dasar itu lah KPPU meminta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas untuk menurunkan HET. Mengingat HET Rp14.000 per liter digunakan saat terjadi kelangkaan minyak goreng di awal tahun ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.