Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Tantang 100 Ekonom Proyeksi Harga Minyak Tahun Depan

Sri Mulyani Tantang 100 Ekonom Proyeksi Harga Minyak Tahun Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menantang 100 (seratus) pakar ekonomi atau ekonom untuk memproyeksi harga minyak tahun depan, yakni tahun 2023. Hal itu disampaikan Ani, sapaan akrabnya, dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia 2022 pada Rabu 7 September 2022.

“Coba saya tanya, seratus ekonom yang berkumpul dalam sarasehan ini, saya mau tanya proyeksi minyak anda tahun depan seperti apa, cara hitungnya, bagaimana, saya ingin tahu saja,” ujarnya.

Bendahara negara itu mengatakan, untuk memperkirakan harga minyak dunia ke depan masih sangat sulit. Sebab kata Ani, kondisi geopolitik Rusia-Ukraina yang menjadi salah satu instrumen penentu harga minyak dunia, hingga kini masih belum menemui titik terang.

Terlebih, lanjutnya, sejumlah negara di Eropa telah mengembargo minyak Rusia. Hal itu tentu akan memicu terganggunya rantai pasok dunia.

Mantan Manajer Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan, pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah berusaha untuk memproyeksi harga minyak dunia yang menjadi salah satu instrumen dalam merancang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2023.

Perhitungan itu, kata dia, berdasarkan data yang terkumpul dari berbagai sumber yang terbukti kredibilitasnya, yakni dari data International Energy Agency hingga konsensus Bloomberg.

“Subsidi yang kita akan sediakan di tahun depan masih cukup signifikan lebih dari Rp340 triliun dan itu berasumsi bahwa harga minyak akan ada di kisaran sekitar US$90 dolar. Tentu kita juga melihat ketidakpastian mengenai outlook dari harga minyak,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.