HOLOPIS.COM, JAKARTA – Daun jambu biji banyak diolah untuk mengobati diare. Namun ternyata, daun tersebut memiliki manfaat lain bagi kesehatan rambut. daun jambu biji memiliki kandungan yang bermanfaat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Caranya dengan merebus segenggam daun jambu biji selama 20 menit. Setelah dingin, oleskan air rebusan ke kulit kepala. Pastikan rambut dalam keadaan setengah kering setelah keramas. Manfaat yang didapat akan lebih maksimal jika dioleskan sebelum tidur.

Berikut ini manfaat daun biji untuk rambut :

1. Mengurangi rambut rontok

Rambut rontok salah satunya disebabkan oleh paparan radikal bebas sehingga kulit kepala mengalami stres oksidatif.

Stres oksidatif dipicu oleh infeksi jamur malassezia, polusi, sinar ultraviolet, penggunaan catok, cat rambut, dan penuaan kulit kepala.

Kandungan quercetin dan vitamin c pada daun jambu biji dapat menjadi antioksidan, sehingga mengurangi stres oksidatif penyebab rambut rontok.

2. Mengurangi ketombe

Daun jambu biji mengandung flavonoid, yakni quercetin. Senyawa ini memiliki sifat antijamur dan menghambat munculnya jamur, akan tetapi senyawa tersebut tidak dapat membunuh jamur.

3. Mencegah rambut lepek

Rambut lepek terjadi karena minyak menumpuk di kulit kepala. Dalam sebuah penelitian, senyawa tanin dalam daun jambu biji bersifat anti sebum yang dapat mengurangi produksi minyak di kulit kepala.

4. Mempercepat tumbuhnya rambut

Daun jambu biji mengandung vitamin C yang dapat mendorong pertumbuhan dermal papilla. Dermal papilla merupakan lapisan khusus penyusun struktur rambut. Vitamin C juga mempercepat panjangnya batang rambut.

5. Mengurangi kerusakan rambut

Sinar matahari membuat helai rambut menjadi kering dan rapuh. Namun Sobat Holopis jangan khawatir, daun jambu biji mengandung vitamin B yang dapat menarik kadar air dari udara, kemudian menyalurkannya ke rambut. Sehingga, rambut pun tak terhidrasi.

Vitamin C pada daun ini membantu produksi kolagen yang berperan penting menyusun dasar rambut, yaitu keratin.