Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

LSM Minta KKR Tidak Jadi Pengganti Pengadilan HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menyampaikan pertimbangan penting yang harus diperhatikan dalam diskursus Rancangan Undang-Undang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (RUU KKR).

Pertimbangan tersebut, disampaikan oleh KontraS, Asia Ajar, dan LBH Jakarta dalam Focus Group Discussion yang diselenggarakan Tim Puslitbang Hak Asasi Manusia (HAM) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang bertujuan untuk menganalisis kebijakan tentang KKR.

“Hal ini disebabkan karena setiap sikap ataupun perilaku yang dilakukan oleh Pemerintah dalam agenda penuntasan kasus Pelanggaran HAM berat tentu perlu diawasi, agar kebijakan serta langkah yang dilakukan Pemerintah tidak kontraproduktif terhadap semangat keadilan,” tulis KontraS dalam Twitter @KontraS dikutip Kamis (8/9).

Selanjutnya, pertimbangan itu diberikan untuk mencegah pemerintah mengulang kesalahan terdahulu dengan tidak melibatkan partisipasi korban.

“Selain itu, agar pemerintah tidak mengulangi kesalahan yang sama seperti pengalaman pengaturan UU KKR terdahulu yang tidak memberikan ruang partisipasi aktif bagi korban yang justru menempatkan korban pada posisi yang semakin lemah,” lanjut KontraS.

KontraS menyampaikan, aspek selanjutnya tidak menjadikan KKR sebagai pengganti pengadilan HAM dan konteks KKR dapat lebih kompleks bukan hanya pemulihan.

“Selain itu sebagai pemangku kepentingan, negara harus berhenti menempatkan korban hanya sebagai objek sosialisasi. Kedua, Komisi Kebenaran bukanlah substitusi Pengadilan HAM. Ketiga, tujuan dasar pembentukan KKR tidak hanya berbicara soal pemulihan,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru