HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat Politik Karyono Wibowo mengatakan, elektabilitas Prabowo Subianto menjadikan dirinya figur terkuat di antara simulasi pasangan calon (paslon) Prabowo-Muhaimin dan Prabowo-Puan.

“Jadi yang elektabilitasnya, nah ini sebenarnya terikat figur terkuatnya ada di Prabowo, bahwa di antara tiga orang tadi itu magnetnya ada di Prabowo, magnet politiknya, Center Of Gravity-nya itu ada di Prabowo,” kata Karyono kepada Holopis.com, Selasa (6/9).

Hal tersebut lantaran, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra itu berada di atas Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

“Dua sosok itu, Puan dan Muhaimin ya tentu elektabilitasnya di bawah Prabowo Subianto,” jelasnya.

Tak hanya itu, Karyono juga menjelaskan bahwa besar kemungkinan Partai Gerindra, PKB, dan PDI Perjuangan berkoalisi di Pilpres 2024.

“Koalisi Presiden Gerindra dan PKB belum mengumumkan pasangan capres-cawapres, nah itu artinya masih terbuka peluang kan, ada penambahan koalisi entah PDIP ditambah lagi dengan partai-partai yang lain,” tuturnya.