HOLOPIS.COM, JAKARTA – Situs web resmi untuk Sword Art Online the Movie Kuraki Yūyami no Scherzo (Scherzo of a Dark Dusk), film kedua dalam serial film anime Sword Art Online the Movie, mengumumkan bahwa film tersebut akan dibuka di Jepang pada 22 Oktober mendatang.

Sebelumnya pada 22 Agustus lalu, situs web ini mengumumkan bahwa film tersebut telah ditunda karena penundaan produksi yang disebabkan oleh COVID-19. Pemutaran film lanjutan 24 Agustus juga dibatalkan.

Film ini akan menampilkan Kaede Hondo yang akan berperan sebagai Liten, dan Yūsuke Kobayashi akan berperan sebagai Morte.

Ayako Kohno akan kembali menyutradarai film di A-1 Pictures, dan Kento Toya kembali untuk mendesain karakter. Yasuyuki Kai sekali lagi berperan sebagai sutradara aksi, dan Yuki Kajiura kembali untuk menggubah musik. Eir Aoi akan membawakan lagu tema “Shinzо̄” (Heart).

Sword Art Online the Movie: Aria of a Starless Night, film anime pertama dalam proyek ini, dibuka di Jepang pada Oktober 2021 lalu, dan menduduki puncak box office di akhir pekan pertamanya.

Film ini dibuka di lebih dari 40 negara dan wilayah di seluruh dunia. Funimation menayangkan film tersebut di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru pada bulan Desember 2021.

Anime ini didasarkan pada seri Sword Art Online: Progressive light novel Reki Kawahara. Seri novel ini diluncurkan pada tahun 2012 sebagai penceritaan ulang yang direvisi dari novel Sword Art Online asli Kawahara.

Ceritanya menggambarkan perjalanan Kirito melalui kastil Aincrad yang terapung dari awal, lantai demi lantai.

Yen Press menerbitkan seri novel Sword Art Online: Progressive dalam bahasa Inggris, serta dua adaptasi manga.