HOLOPIS.COM, JAKARTA – Buah semangka memiliki rasa yang manis dan segar. Warna kulitnya yang hijau dan dagingnya yang mewah segar atau kuning menjadi daya tarik tersendiri.

Sobat Holopi, ternyata buah ini tidak hanya segar, namun juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk anak-anak. Semangka bisa diberikan ke buah hati mulai dari usia 8-10 bulan atau ketika anak sudah memiliki gigi.

Berikut ini manfaat buah semangka untuk anak-anak :

1. Mencegah dehidrasi

Sebanyak 92% kandungan buah semangka adalah air, sehingga buah ini membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh anak. Tak hanya itu, buah berkulit hijau ini juga mengandung ion yang berperan menjaga tubuh tetap terhidrasi.


2. Membantu pertumbuhan tulang

Buah semangka mengandung kalsium dan magnesium yang dapat mendorong pertumbuhan tulang si buah hati. Kalsium menstimulasi hormon pertumbuhan. Sementara magnesium merangsang pertumbuhan otot dan fungsi saraf pada tubuh anak.

3. Melancarkan pencernaan

Semangka juga bermanfaat membantu melancarkan pencernaan si kecil loh Sobat Holopis. Hal tersebut lantaran, kandungan serat pada buah ini membantu mencegah sembelit.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan likopen dan karotenoid, meliputi lutein, neurosporena, phytofluena, beta-karoten, dan phytoene pada semangka membantu menyehatkan jantung.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin dan antioksidan yang melimpah pada buah ini membantu menjaga kesehatan mata. Buah semangka mengandung beta karoten, yakni antioksidan pembentuk vitamin A. Vitamin A sangat baik untuk pertumbuhan mata bayi.

6. Menjaga sistem imunitas

Manfaat ini didapatkan karena kandungan antioksidan yang vitamin C yang tinggi pada buah berbiji ini. Oleh karena itu, buah ini dapat menjaga dan memperkuat sistem imun si kecil.