LONDON, HOLOPISCOM – Pangeran William dan Pangeran Harry pada hari Kamis (20/5) menyalahkan media Inggris, BBC, dalam kematian tragis ibu mereka, Putri Diana.
William dan Hary menyebut kehidupan ibu mereka dirusak oleh media tersebut secara permanen oleh wawancara yang dia berikan pada tahun 1995 yang diperoleh melalui skema pemalsuan dan penipuan.
“(BBC) membuat klaim seram dan palsu tentang Keluarga Kerajaan yang memicu ketakutannya dan paranoia,” kata Pangeran William dalam sebuah pernyataan video yang diunggah pada akun media sosial resminya.
“Wawancara itu merupakan kontribusi besar untuk memperburuk hubungan orang tua saya dan sejak itu telah menyakiti banyak orang,” kata William, dan menambahkan bahwa metode licik yang digunakan pewawancara Martin Bashir untuk mendapatkan akses ke sang putri untuk wawancara empat mata, “secara substansial telah memengaruhi apa yang ibuku (Putri Diana) katakan. ”
Komentar Pangeran William ini seiring dengan pemberitaan yang mengikuti rilis laporan independen pedas yang menyimpulkan bahwa Bashir, yang merupakan reporter kurang dikenal pada saat itu, “menipu dan membujuk” saudara laki-laki Diana, Earl Spencer, untuk mengatur pertemuan dengan sang putri.
Menurut laporan yang berisi 127 halaman itu, jurnalis itu membayar seorang desainer grafis untuk memalsukan laporan bank dan cek agar tampak seolah-olah anggota keluarga Spencer dan keluarga kerajaan dibayar untuk memata-matai Diana.
Percakapan televisi tahun 1995, untuk acara Panorama menjadi sensasi di seluruh dunia dan melambungkan karir Bashir. Di dalamnya, sang putri berbicara terus terang tentang, runtuhnya pernikahannya dengan Pangeran Charles, dan perselingkuhan yang lama dengan istri Charles saat ini, Camilla Parker Bowles, yang terkenal dengan mengatakan, “Ada tiga orang dalam pernikahan ini.”
Pernyataan Diana tersebut mengguncang Keluarga Kerajaan dan dampak buruk itu membayangi sisa hidupnya serta warisannya, kata Pangeran William. “Itu secara efektif membentuk narasi palsu, yang selama lebih dari seperempat abad telah dikomersialkan oleh BBC dan lainnya”.
Pangeran Harry juga menanggapi pengungkapan terbaru mengenai Bashir dan BBC.
“Ibu kami kehilangan nyawanya karena ini,” katanya dalam sebuah pernyataan. Dia mengatakan “efek dari budaya eksploitasi dan praktik tidak etis” pada akhirnya menyebabkan kematian Diana. (zik)