Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

6 Manfaat Brokoli Bagi Ibu Hamil, Bisa Cegah Komplikasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Brokoli merupakan sebagai salah satu sayuran yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan bagus untuk ibu hamil. Sayuran ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu perkembangan janin loh.

Hal tersebut dikarenakan brokoli mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin, C, vitamin K, protein, selenium, fosfor, zinc, antioksidan, serat, folat, zat besi, kalium, dan kalsium. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi brokoli matang setiap hari, kira-kira 1,5 mangkuk. Tapi sebelum mengkonsumsi, pastikan Sobat Holopis mencucinya hingga bersih ya agar terhindar dari bakteri.

Berikut ini manfaat brokoli untuk ibu hamil :

  • Mencegah sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan masalah yang sering dialami ibu hamil. Hal itu terjadi karena perubahan fisiologis pada tubuh, termasuk perubahan metabolisme, hormonal, serta suplemen zat besi mempengaruhi gerakan usus.

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada brokoli dapat mendukung pencernaan ibu hamil, sehingga mengkonsumsinya dapat mencegah sembelit pada ibu hamil.

  • Meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin C pada brokoli yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan pada brokoli dapat menangkal radikal bebas.

  • Dukung perkembangan janin

Brokoli mengandung asam folat yang baik untuk pembentukan materi genetik dan pertumbuhan sel. Selain itu, sayuran ini dapat mencegah kerusakan tabung saraf.

  • Mencegah anemia

Ibu hamil sering mengalami anemia karena rendahnya kadar hemoglobin dalam tubuh. Namun Sobat Holopis jangan khawatir, kandungan zat besi pada brokoli dapat merangsang pembentukan hemoglobin.

  • Jaga keseimbangan cairan dan elektrolit

Kalium pada brokoli ini mengambil andil yang besar dalam menjaga stabilitas cairan dan elektrolit dalam tubuh ibu hamil. Mengkonsumsi sayuran hijau ini dapat mencegah kram pada kaki.

  • Mencegah resiko komplikasi kehamilan

Brokoli juga mengandung kalsium yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian kalsium pada ibu hamil. Oleh karenanya, tanaman yang memiliki nama lain Brassica oleracea var. italica dapat meminimalisir komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia dan eklampsia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru