Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

LBHM Kecewa KIP Larang Ganja Medis Tanpa Basis Ilmiah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBHM) menyayangkan keputusan Komisi Informasi Pusat (KIP) yang melarang penggunaan narkotika jenis ganja untuk keperluan medis tanpa ada penelitian ilmiah.

“Melihat keputusan ini, LBHM merasa kecewa. Dalam mengatur penggunaan narkotika jenis ganja untuk keperluan medis, pemerintah seharusnya mengambil keputusan yang dilandaskan penelitian ilmiah dan berbasis bukti,” kata LBHM melalui Twitter @LBHMasyarakat dikutip Sabtu (3/9).

Selanjutnya, pihak berwenang seperti BNN, Kepolisian, dan Kemenkes juga turut memberikan pelarangan namun ternyata tidak memiliki basis ilmiah.

“Hasilnya, putusan yang dibacakan oleh Majelis Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) menyatakan bahwa para pihak berwenang seperti BNN, Polri, dan Kemenkes belum pernah melakukan penelitian dan/atau menerima penelitian narkotika jenis ganja untuk kepentingan medis,” ungkap LBHM.

Sebelumnya, Koalisi Masyarakat Sipil Advokasi Narkotika untuk Kesehatan yang diwakili LBHM mengajukan permohonan informasi terkait penggunaan ganja di bidang kesehatan. Berikut permohonan laporan penelitian yang diajukan :

  1. Laporan penelitian yang menyatakan bahwa sudah pernah ada penelitian ganja di Indonesia yang mana kandungan THC ganja di Indonesia lebih tinggi dan CBD-nya rendah.
  2. Laporan penelitian yang menyatakan bahwa ganja di Indonesia tidak melalui rekayasa genetik.
  3. Laporan penelitian yang menyimpulkan penggunaan ganja di Indonesia lebih banyak untuk rekreasional, bukan untuk kepentingan medis.
  4. Laporan penelitian bahwa ganja meningkatkan angka orang sakit dan kematian.
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.

Bamsoet Sambut Gembira Wacana Silaturrahmi Prabowo – Mega

Politikus senior Golkar sekaligus Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung wacana pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Dugaan Kebocoran Data, DJP Imbau Wajib Pajak Jaga Keamanan Data

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran data pada sistem mereka. Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Dwi Astuti.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru