HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Titik panas di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), kembali terdeteksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui stasiun di Balikpapan. Totalnya, ada 13 titik panas yang tersebar di 3 Kabupaten

“Sebanyak 13 titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 17.00 Wita,” ujar Prakirawan Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan, Ilham Rosihan Fachturoni (28/8).

3 Kabupaten di Kaltim yang ditemukan titik panas, yakni Kabupaten Paser dengan 2 titik panas, yang berada di Kecamatan Batu Sopang, keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kemudian Kutai Timur terdapat 9 titik, tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bengalon ada 6 titik, Kecamatan Kaubun terdeteksi 1 titik, dan Kecamatan Muara Wahau terdapat 2 titik panas.

Terakhir di Kabupaten Kutai Kartanegara terdeteksi 2 titik panas, berada di Kecamatan Loa Kulu yang juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Sebaran 13 titik panas itu pun telah diinformasikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Sehari sebelumnya, pihaknya juga mendeteksi adanya 14 titik panas yang tersebar pada empat kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut sudah hilang.