HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengajak semua orang untuk berkata kebenaran dan tidak takut menyampaikan sesuatu yang benar.

Laa yamtathil majda man lam yarkabil hathar, tidak akan sukses dan takkan bermartabat siapapun kita yang tak berani menghadapi risiko untuk bertindak benar,” kata Mahfud MD, Minggu (28/8).

Ia menyampaikan bahwa tak jarang seseorang yang menyuarakan kebenaran akan berhadapan dengan risiko yang besar. Namun, kebenaran dan kejujuran tetapkan akan mendapatkan jalannya sendiri dan ancaman-ancaman itu akan bias dengan sendirinya.

“Kita sadar, akan selalu saja ada orang yang mencari-cari kesalahan bagi yamg bersikap benar. Tapi buih-buih itu akan mengalir sia-sia,” tuturnya.

Kemudian, ia juga menuturkan mengapa selama ini ia berani menyuarakan kebenaran. Karena pada dasarnya, kebenaran adalah modal utama dirinya berani bersuara ketidakadilan yang selama ini ia lakukan.

Ditambah, Mahfud juga merasa tidak ada beban kepentingan apapun.

Terlebih, ia merasa kewenangan yang ia percayakan saat ini oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menko Polhukam pun ia manfaatkan untuk menyuarakan kebenaran itu.

“Saya sehat dan ceria. Saya tak punya beban apapun untuk mengatakan dan bertindak benar sesuai dengan keyakinan dan lingkup kewenangan saya,” ujarnya.

Dengan latar belakang kebenaran, tak memiliki beban apapun, punya kewenangan, serta basis keilmuan yang baik, Mahfud siap berhadapan dan berdialog dengan siapapun demi kebenaran dan kebaikan.

“Saya bisa berdebat dengan yang sok mengatasnamakan (agama) karena saya juga belajar keluhuran agama. Saya juga bisa menyikapi aparat nakal, adu argumen dengan DPR, Ok,” pungkas Mahfud.