HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum (Ketum) PSSI, mengimbau para wasit harus menjalani tugas dengan baik dan benar dalam memimpin jalannya pertandingan.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Sabtu (27/8), hal tersebut disampaikan langsung olehnya dalam pertemuan bersama para wasit, dimana Mochamad Iriawan turut serta memberikan pembekalan serta motivasi pada mereka yang bertugas di kompetisi Liga 2 maupun Elite Pro Academy (EPA) U20 Liga 1 musim 2022/2023.

Dalam pertemuannya itu, pembekalan yang diberikan Mochamad Iriawan bertujuan agar 248 wasit, termasuk asisten wasit yang ada, untuk berani bertindak atas nama kebenaran dan tidak takut atas tekanan.

“Saya ingin wasit memiliki integritas, jujur, dan berani. Berani dalam konteks kebenaran. Musim lalu kinerja kalian ada beberapa yang disorot oleh publik. Kalau Anda memimpin dengan tidak benar, akan ketahuan karena semua laga disiakan oleh televisi,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut juga menjelaskan bahwa, wasit yang bertugas di Liga 2 dan EPA U20 bisa menjadi sarana untuk naik kelas.

Para wasit yang baik dalam menjalankan tugasnya memimpin pertandingan, bisa dipromosikan ke Liga 1. Sementara wasit yang memimpin pertandingan di EPA U20 bisa naik ke Liga 2.

“Jadi pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Anda akan ditonton jutaan manusia. Kinerja Anda dalam 2×45 menit juga akan ditonton saudara, istri, anak, orangtua, dan tetanggamu,” ungkap Iriawan.

“Jadi kalau memimpin dengan tidak bagus, tidak adil, berat sebelah, nanti bukan kamu saja yang malu. Tetapi, Ketua Umum PSSI juga akan menjadi sasaran kritik dan cacian dari publik dan netizen. Sekali ini saya ingatkan semua wasit harus memimpin dengan baik dan benar,” sambungnya.

Sebagai informasi, sebelumnya beberapa wasit yang gagal menjalankan tugas dengan baik di lapangan, telah diberikan sanksi langsung oleh Komite Wasit PSSI.

Maka dari itu, pertemuan Mochamad Iriawan dengan para wasit tersebut menjadi momentum untuk memperkokoh keyakinan, bahwa kepemimpinan wasit bisa dipercaya di lapangan hijau.