HOLOPIS.COM, JAKARTA – Xiaomi akan memperbaiki  MIUI 13 dengan mengembangkan MIUI 14 yang berbasis Android 13 dengan beberapa perubahan yang cukup penting.

Dilansir dari situs Xiaomiui, Kamis (25/8), terungkap uji coba beta awal MIUI 14 versi 22.7.19. Terlihat desain MIUI 14 terlihat baru dengan perombakan desain aplikasi bawaan seperti App Vault, Gallery, dan Clock.

Font yang digunakan jadi lebih tebal dengan tampilan yang lebih modern, kemudian perubahan juga dilakukan pada pemilihan widget, pengaturan launcher,APK installer, dan kotak dialog izin akses.

Selain perombakan desain, MIUI 14 juga diberi fitur – fitur baru seperti aplikasi Gallery yang sudah dilengkapi fitur pengenal teks yang memungkinkan pengguna menyalin teks dari dokumen yang difoto.

Kemudian, ada juga fitur On this Day yang akan menampilkan foto jadul yang diambil di hari yang sama beberapa tahun yang lalu.

Sedangkan untuk kualaitas audio juga dapat peningkatan, dengan hadirnya Bluetooth LE Audio. Adanya fitur tersebut, satu handphone bisa jadi stasiun radio FM dan beberapa headphone bisa mendengar secara bersamaan.

Ada juga fitur Multi-Stream yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan audio ke dua earbuds sekaligus. Dimana, saat ini earbuds TWS memiliki satu bud utama yang terhubung dengan bud kedua.

MIUI 14 juga akan menghadirkan fitur Anti-fraud protection untuk melindungi pengguna dari penipuan dan aplikasi berbahaya.

Fitur ini bisa mendeteksi pesan berbahaya dari panggilan dan SMS yang masuk, serta memperingatkan pengguna akan aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya.

Fitur notifikasi bubble juga ditambahkan di menu Floating Windows. Tapi, sepertinya fitur ini hanya akan tersedia untuk tablet dan handphone layar lipat.