HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Maruf Amin ikut memberikan statemen terkait dengan perdebatan antara Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD dengan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa.

Di mana Desmond memberikan catatan agar Kompolnas dibubarkan saja, sebab tidak memiliki infrastruktur penting dalam konteks kontrol dan pengawasan terhadap institusi Polri.

Menurut Wapres, sebaiknya Kompolnas tidak dibubarkan. Akan tetapi, perannya yang harus diperkuat ke depannya.

“Kompolnas bukan dibubarkan, (tapi) diperkiat perannya, supaya bisa memberikan, mengontrol dengan baik, bisa memberikan arahan-arahan sehingga justru memperkuat pran Polri, jadi bukan dibubarkan ya,” kata Maruf di Jakarta Utara, Selasa (23/8).

Orang nomor dua di Republik Indonesia tersebut berharap semua pihak bisa mengupayakan agar Kompolnas diberikan kewenangannya yang memadai agar bisa melakukan kontrol dan pengaruh terhadap lembaga penegak hukum yang saat ini tengah dipimpin oleh Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Misalkan ada peran yang kurang ya dibesarkan, dioptimalkan supaya bisa memberikan kontrol dan pengaruh, saran sehingga posisi Polri itu jadi lebih kuat,” tegasnya.