Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

14 Calon Anggota Komnas HAM Diajukan Mengikuti Uji Kelayakan di DPR

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setelah dinyatakan lolos oleh Tim Pansel, 14 orang calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR RI.

“Para calon anggota yang terpilih telah melalui lima tahapan seleksi,” ujar Ketua Tim Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI, Prof Makarim Wibisono, Selasa (23/8).

Lima tahapan seleksi yang telah diikuti oleh para calon yakni seleksi administrasi, tes tertulis objektif dan penulisan makalah, dialog publik, psikotes, wawancara dan tes kesehatan.

Dalam tahapan akhir yang berlangsung pada 8 hingga 9 Agustus 2022, terdapat 27 calon yang menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

Terakhir, tes wawancara dilakukan di Perpustakaan Nasional pada 8-11 Agustus 2022.

14 calon anggota Komnas HAM RI yakni Abdul Haris Semendawai, Amiruddin Al Rahab, Anis Hidayah, Antonio Pradjasto Hardojo, Atnike Nova Sigiro, Beka Ulung Hapsara, Chrisbiantoro, dan Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Rita Serena Kolibonso, Saurlin P Siagian dan Uli Parulian Sihombing.

Dari nama – nama tersebut, ada 2 orang yang merupakan petahana yakni Beka Ulung Hapsara yang menjabat sebagai Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan.

Kedua yakni Amiruddin Al Rahab, yang menjabat Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM.

Sebagai informasi, selama periode pendaftaran tercatat pendaftar atau individu yang membuat akun di aplikasi sebanyak 1.536 orang.

Dari total tersebut, yang melengkapi persyaratan ada 112 orang dengan rincian 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki.

Kemudian, Para pendaftar juga datang dari berbagai latar belakang bidang, misalnya, petahana atau anggota Komnas HAM RI, advokat, akademisi, aktivis, aparatur sipil negara hingga jurnalis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru