HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengklaim bahwa mereka akan segera melakukan evaluasi menyeluruh mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri.

Pasalnya, Ma’ruf mengakui ada potensi ‘lubang’ korupsi yang dilakukan oleh sejumlah oknum lainnya seperti apa yang telah dilakukan oleh rektor Unila.

“Saya kira kita memang harus evaluasi karena ada sesuatu yang ternyata semacam lubang yang bisa digunakan untuk melakukan gerakan yang tidak baik seperti korupsi,” kata Ma’ruf, Senin (22/8).

Mengenai tindakan tegas terhadap upaya antisipasi kejadian tidak berulang, Ma’ruf kemudian hanya memberikan jawaban normatif bahwa pemerintah akan melakukan evaluasi agar kasus ini tidak kembali terulang.

“Tentu kita harus melakukan evaluasi untuk menutup hole ini ya lubang-lubang (korupsi) ini supaya tidak terjadi lagi. Saya kira Pemerintah akan melakukan itu, mudah-mudahan nanti tidak terjadi lagi,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Rektor Universitas Lampung Karomani sebagai tersangka penerimaan suap atas penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022.