HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi, menilai gestur hangat antara kedua petinggi Partai Nasdem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki makna yang luar biasa.

“Maknanya sangat luar biasa,” kata Burhanuddin Muhtadi, Senin (22/8).

Partai Nasdem menjadi partai politik pertama yang dikunjungi PDIP dalam safarinya, sehingga menjadi kehormatan yang besar mengingat PDIP sudah dua kali memenangkan pemilu.

“Pertemuan antara Mbak Puan yang mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan saat Rakornas beberapa waktu lalu untuk menjalin komunikasi politik dengan partai-partai politik yang ada. Buat Nasdem sebuah kehormatan karena Nasdem adalah partai pertama yang dikunjungi oleh Mbak Puan yang mendapatkan mandat dari Ketua Umum yang memenangkan pemilu legislatif, 2 pemilu terakhir,” jelasnya.

Walaupun sinyal yang ditunjukan begitu kuat, Burhanuddin menegaskan masih terlalu dini untuk menyimpulkan dua partai tersebut akan berkoalisi dalam Pemilu 2024 nanti.

“Meskipun mungkin terlalu jauh buat kita untuk mengambil kesimpulan cepat bahwa akan terjadi koalisi,” lanjutnya.

Namun, ia menjelaskan komunikasi politik antara PDIP dan Nasdem dapat mengurangi ketegangan yang sempat muncul beberapa kali antara kedua partai tersebut.

“Tapi paling tidak mencairkan suasana kekikukan yg sebelumnya sempat muncul mulai saling sindir antara para elit Nasdem dan PDIP,” ujar dia.

Diketahui, Surya Paloh menyambut Puan Maharani dengan pelukan saat melakukan pertemuan politik di Nasdem Tower.

Kedua petinggi partai itu terlihat berjalan bersama dengan rangkulan hangat Surya Paloh kepada Puan ketika menuju ruang pertemuan.