HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komite Wasit PSSI resmi memberikan hukuman pembinaan khusus tanpa tugas kepada beberapa wasit BRI Liga 1.

Dilansir dari situs resmi PSSI, Senin (22/8), dikabarkan bahwa perangkat pertandingan yang dijatuhi hukuman tersebut dalam jenjang waktu dari pekan pertama sampai pekan kelima kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Diketahui, perangkat pertandingan yang dimaksud meliputi wasit, additional assistant referee serta asisten wasit.

Dalam hal ini, Ahmad Riyadh selaku Ketua Komite Wasit PSSI menyampaikan bahwa, wasit yang tidak menjalankan tugas dengan baik, akan mendapat hukuman berupa pembinaan tanpa tugas.

“PSSI berharap seluruh perangkat pertandingan menjalankan tugas sesuai Law of The Game (LOTG). Setiap wasit yang menjalankan tugas dengan baik pasti ada award, namun bila tidak menjalankan tugas dengan baik akan ada pembinaan tanpa tugas,” ungkapnya.

Lanjutnya, Riyadh turut mengimbau agar berhati-hati dalam menjalankan tugas, teruntuk wasit yang belum pernah mendapatkan pembinaan khusus tanpa tugas.

Selain itu, Riyadh juga berharap para wasit tetap fokus dan menjalankan tugas sesuai LOTG.

“Untuk perangkat pertandingan yang sedang menjalani pembinaan khusus tanpa tugas, tentu kami akan memberikan semangat dan akan melakukan meeting menanyakan kesiapan mental serta fisiknya agar ke depannya tidak melakukan kesalahan,” tukasnya.

Sebagai informasi tambahan, pernyataan resmi PSSI tersebut juga menyampaikan bahwa, Komite Wasit sendiri dalam hal ini rencananya akan mengadakan koordinasi serta evaluasi secara menyeluruh di setiap pekan ke-10 dan kelipatannya kepada seluruh perangkat pertandingan.