HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tidur yang cepat memang hanya lebih mudah diniatkan dibandingkan dilakukan. Sobat Holopis pasti sering berencana tidur lebih awal agar bangun pagi, tetapi malah keasyikan nonton, atau melihat sosmed hingga tengah malam.

Akibatnya, kita bisa bangun kesiangan dan terlambat untuk memulai beraktivitas. Apa sih tips agar kita bisa tidur lebih cepat?

Rajin Olahraga

Ternyata sering olahraga tidak hanya bisa menurunkan berat badan, tetapi membuat tubuh lebih cepat mulai beristirahat. Olahraga ringan dan berat bisa membantu Sobat Holopis merasa mengantuk, sehingga kualitas tidur pun meningkat.

Kurangi Melihat Gadget

Menonton televisi atau bermain smartphone sebelum tidur adalah kebiasaan buruk yang mengganggu jam tidur Sobat Holopis.

Kurang lebih 1 jam sebelum tidur, usahakan matikan gadget yang Sobat Holopis miliki dan pejamkan mata. Perlu diketahui, alat elektronik ternyata bisa menekan hormon melatonin yang befungsi untuk meregulasi tidur.

Kurangi Konsumsi Kafein

Minuman berkafein memang bisa meningkatkan stimulan, tetapi meminum minuman berkafein saat mendekati jam tidur membuat Sobat Holopis lebih sulit untuk terlelap.

Usahakan minum kafein 5 hingga 6 jam sebelum tertidur. Hal itu karena efek stimulant dari kafein memudar setelah 4 jam.

Atur Pola Makan

Pola makan juga berpengaruh terhadap kualitas tidur loh. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat Sobat Holopis cepat tidur.

Makanan seperti ikan, keju yang mengandung triptofan, dan tomat serta kacang yang mengandung melatonin dapat membantu Sobat Holopis cepat tidur.