HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan 7 (tujuh) pecahan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022 pada Kamis (18/8) lalu.

Peluncuran uang baru tersebut mendapat respon positif dari hampir seluruh lapisan masyarakat, karena berbarengan dengan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Di samping itu, respon positif tersebut juga datang dari sejumlah inovasi yang dihadirkan BI pada uang baru tersebut, di antaranya yakni desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengklaim, uang baru tersebut akan lebih sulit untuk dipalsukan. Sebab, bahan dan unsur pengamannya telah mendapatkan pembaruan, sehingga lebih berkualitas.

“Uang TE 2022 lebih sulit untuk dipalsukan sehingga uang Rupiah semakin berkualitas dan terpercaya,” ujar Perry dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/8).

Lantas, apakah uang tersebut kini sudah tersedia di ATM perbankan konvensional?

Berdasarkan penelusuran tim Holopis.com pada hari Sabtu (20/8) siang, sejumlah ATM di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan belum menyediakan uang tahun emisi 2022 tersebut.

Padahal, uang rupiah kertas baru itu seharusnya sudah tersedia di ATM perbankan konvensional mulai Jumat (19/8) kemarin.

Adapun untuk masalah penukaran uang, Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim memastikan bahwa pihaknya tidak akan membatasi jumlah nominal yang akan ditukarkan ke perbankan.

“Perbankan tidak kami batasi (jumlah yang bisa ditukarkan). Kalau untuk bank sesuai kebijakan masing-masing,” Marlison, Kamis (18/8).