HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jelang digelarnya WorldSBK Indonesia pada 11 – 13 November 2022, Pertamina Mandalika International Circuit atau sirkuit Mandalika akan dimodifikasi sesuai permintaan Dorna Sports dan FIM. Proses perbaikan akan mulai dilakukan, pada 1 September 2022 dengan kurun waktu penyelesaian di akhir bulan.

“Perbaikan trek ini adalah permintaan Dorna kepada MGPA dan ditembuskan kepada FIM,” ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria (19/8).

“MGPA sudah melakukan kick off meeting bersama Dromo selaku konsultan yang membantu proses perbaikan trek, begitu juga PP selaku pelaksana di lapangan, yang tentu diikuti oleh konsultan-konsultan lainnya,” lanjutnya.

Perbaikan ini tidak lepas dari saran Dorna dan FIM, setelah gelaran WorldSBK 2021 lalu dan tes pramusim dan pekan balap MotoGP 2022. Saran yang diberikan kebanyakan terkait pemandangan trek, sementara keharusan yang diberikan mayoritas terkait tingkat keselamatan. Lebarnya area run off di beberapa tikungan, merupakan salah satu yang jadi sorotan Dorna dan FIM.

“MGPA harus melakukan berbagai modifikasi, baik berdasarkan saran maupun keharusan. Kalau saran, ini yang minor-minor, berupa pengecatan dan segala hal yang berhubungan dengan visual. Ada juga yang merupakan keharusan, di mana usai balapan WorldSBK, pramusim MotoGP, dan balapan MotoGP, Dorna meninggalkan catatan soal berbagai hal yang harus dilakukan,” jelasnya.

“Ada permintaan penambahan lebar area run off di beberapa titik. Kami pun harus membersihkan gravel-nya terlebih dahulu, kemudian melebarkan run off-nya, dan lalu dirapikan lagi,” ungkap Priandhi.

Selain itu, ada permintaan modifikasi pada dinding pembatas trek. “Ada juga penambahan pagar ban di depan tembok pembatas. Tadinya ada dua baris, mereka minta ditambahkan menjadi enam baris. Ada juga di beberapa tempat yang susunan bannya kurang banyak dan Dorna meminta penambahan,” jelas Priandhi.

Priandhi menyatakan pengecekan terakhir akan dilakukan sebelum gelaran Shell Eco-Marathon pada 11-15 Oktober 2022. “Jika proses perbaikan trek ini selesai pada pekan pertama bulan Oktober, kami akan menjalani uji coba pertama dengan Shell Eco-Marathon 2022 yang digelar oleh Shell Indonesia bekerja sama dengan Shell Global,” ungkapnya.

“Perbaikan trek ini pun akan dimulai pada 1 September 2022. Jadi, selama bulan September, Mandalika akan ditutup dan akan dibuka lagi pada awal Oktober untuk verifikasi dan persiapan sebelum dipakai oleh Shell Eco-Marathon,” pungkas Priandhi.