Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizNeraca Pembayaran Indonesia Surplus USD2,4 Miliar

Neraca Pembayaran Indonesia Surplus USD2,4 Miliar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) mengalami surplus sebesar USD2,4 miliar pada kuartal II-2022, setelah pada kuartal sebelumnya sempat mengalami defisit sebesar USD1,8 miliar.

“Peningkatan kinerja NPI tersebut didukung oleh surplus transaksi berjalan yang meningkat dan perbaikan defisit transaksi modal dan finansial,” ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono seperti dikutip dari keterangan tertulisnya (19/8).

Tercatat surplus transaksi berjalan pada kuartal kedua tahun 2022 ini sebesar USD3,9 miliar atau 1,1 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), naik jika dibanding dengan kuartal sebelumnya yang hanya sebesar USD0,4 miliar atau 0,1 persen dari PDB.

“Kinerja transaksi berjalan tersebut terutama didukung oleh peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas seiring dengan harga komoditas global yang tetap tinggi,” ujar Erwin.

Namun di sisi lain, Erwin mencatat defisit neraca perdagangan migas justru meningkat. Hal ini dipengaruhi oleh kenaikan impor sebagai respon atas permintaan yang meningkat seiring dengan mobilitas masyarakat yang meningkat, serta tingginya harga minyak dunia.

Kemudian untuk kinerja transaksi modal dan finansial pada kuartal II-2022 diklaim tetap terjaga, meskipun masih mengalami defisit sebesar USD1,1 miliar atau 0,3 persen dari PDB, masih tergolong lebih baik dibandingkan dengan defisit USD2,1 miliar atau 0,7 persen pada kuartal I-2022.

“Kinerja transaksi modal dan finansial ditopang oleh aliran masuk neto (surplus) investasi langsung sebesar 3,1 miliar dolar AS, melanjutkan capaian surplus pada triwulan sebelumnya yang mencerminkan optimisme investor terhadap prospek pemulihan ekonomi dan iklim investasi domestik yang terjaga,” tutur Erwin.

kinerja investasi portofolio juga menunjukkan perbaikan terbatas dengan mencatat defisit yang lebih rendah sebesar 0,4 miliar dolar AS, di tengah masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global.

Di sisi lain, Erwin mencatat adanya transaksi investasi lainnya yang mengalami kenaikan defisit, terutama yang disebabkan oleh peningkatan kebutuhan pembayaran utang yang jatuh tempo.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.