HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mendoakan agar Indonesia menjadi negara yang lebih maju lagi.

Hal ini disampaikan Mardani saat menunggu detik-detik pidato tahunan Presiden Joko Widodo di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

“Sekaligus kita akan mendengarkan pidato kenegaraan presiden Jokowi. Mari kita doakan Indonesia agar kian maju, berkah dan adil sejahtera,” kata Mardani, Selasa (16/8).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan pidato laporan tahunan 2022 di DPR RI. Pidato itu disampaikan Kepala Negara di hadapan para pimpinan dan anggota dari DPR RI, DPD RI, MPR RI dan para tamu undangan, baik para Ketua Umum partai politik hingga perwakilan negara-negara sahabat.

Dalam salah satu pidatonya, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa untuk menjalankan agenda pembangunan, pendapatan negara pada tahun 2023 dirancang sebesar Rp2.443,6 triliun, terdiri dari penerimaan perpajakan sebesar Rp2.016,9 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp426,3 triliun.

Di mana alokasi tersebut dipaparnya, untuk anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp169,8 triliun atau 5,6% dari belanja negara, untuk melanjutkan penanganan pandemi, reformasi sistem kesehatan, percepatan penurunan stunting, serta kesinambungan program JKN.

Selanjutnya, anggaran perlindungan sosial akan dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun untuk membantu masyarakat miskin dan rentan memenuhi kebutuhan dasar, dan dalam jangka panjang memotong rantai kemiskinan.

Kemudian, untuk peningkatan produktivitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), disiapkan pula anggaran pendidikan sebesar Rp608,3 triliun.

Terakhir, untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur dianggarkan Rp392,0 triliun yang digunakan sebagai pendukung penguatan penyediaan pelayanan dasar, peningkatan produktivitas melalui infrastruktur konektivitas dan mobilitas, infrastruktur energi dan pangan, serta pemerataan infrastruktur dan akses teknologi informasi komputer (TIK).