Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizJokowi Patok Defisit APBN 2023 di 2,85 Persen

Jokowi Patok Defisit APBN 2023 di 2,85 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan target defisit dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) tahun anggaran 2023 mencapai Rp 598,2 triliun, atau setara 2,85 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Target tersebut sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2020 dan Perppu Nomor 1 Tahun 2020, yang mengamanatkan defisit di sektor fiskal harus kembali di bawah 3 persen pada tahun 2023.

“Defisit anggaran tahun 2023 merupakan tahun pertama kita kembali kepada defisit maksimal 3 persen terhadap PDB,” kata Jokowi dalam pidato penyampaian RAPBN 2023 Beserta Nota Keuangannya di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Selasa (16/8).

Sebagai informasi, defisit APBN sebelumnya memang sempat diperbolehkan untuk lebih dari 3 persen, lantaran adanya tekanan Pandemi Covid-19.

Jokowi kemudian menyampaikan bahwa defisit itu diperoleh dari selisih pendapatan negara tahun 2023 yang ditargetkan sebesar Rp2.443,6 triliun, dengan belanja negara sebesar Rp3.041,74 triliun.

Adapun untuk pembiayaan Defisit tersebut, nantinya akan dibiayai oleh berbagai sumber-sumber pembiayaan yang aman, yang di dalamnya termasuk utang.

Jokowi pun berjanji, akan mengelola pembiayaan tersebut dengan penuh kehati-hatian. Hal itu dilakukan agar keberlanjutan fiskal dapat terus terjaga.

“Komitmen untuk menjaga keberlanjutan fiskal dilakukan agar tingkat rasio utang selalu dalam batas aman melalui pendalaman pasar keuangan,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.