HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kaizen adalah sebuah teknik untuk peningkatan dan penerapan keterampilan manajemen, serta mendorong pertumbuhan pribadi. Istilah ini berasal dari bahasa Jepang yang tersusun dengan kata ‘Kai’ berarti perubahan dan ‘Zen’ yaitu kebijaksanaan. Kaizen pertama kali dikemukakan oleh Masaki Imai seorang ahli teori organisasi dan konsultan manajemen Jepang.

Konsep ini terkenal dengan prinsip ‘satu menit’ bertujuan untuk memperbaiki diri, melawan kemalasan, dan menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, teknik ini juga digunakan untuk membentuk komitmen dalam melakukan aktivitas setidaknya satu menit secara berulang. Berikut ini prinsip dari kaizen:

Tinggalkan Kebiasaan Lama

Berada di zona nyaman memang menyenangkan, akan tetapi Sobat Holopis harus berani keluar dari zona tersebut. Hal itu dilakukan agar kamu bisa berkembang dari diri kamu yang sebelumnya. Misalnya, saat kamu mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, kamu bisa mencoba bergabung komunitas atau melakukan travelling.

Tingkatkan Kemampuan Diri

Meskipun tujuanmu sudah tercapai, maka kamu bisa mencoba hal baru yang bisa meningkatkan kemampuan diri. Seperti ketika kamu terbiasa menempati posisi pertama,tidak ada salahnya kamu mencoba hal baru untuk mengasah kemampuan.

Proaktif

Jika kamu kesulitan dalam mempelajari suatu hal, jangan malu untuk bertanya. Dalam hal ini kamu bisa mendapatkan jawaban yang diinginkan dan memperluas relasi.

Selalu Koreksi Diri

Dalam mempraktekkan sesuatu akan selalu ada kesalahan yang tidak disangka-sangka. Oleh karena itu, dalam proses mencapai tujuan sangat wajar bertemu kesalahan. Jangan merasa berkecil hati, Sobat Holopis bisa belajar lewat kesalahan tersebut dan mencoba hal baru agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Dengarkan Pendapat Orang Lain

Cobalah memulai diskusi dengan keluarga teman, atau orang-orang yang berhasil mencapai tujuannya. Hal ini akan memberikan perspektif baru yang bisa menjadi pertimbangan Sobat Holopis. Selain itu, melalui cara ini, kamu bisa belajar dari kesalahan orang terdahulu agar bisa lebih berhati-hati.