Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Mahfud Ajak Rawat Persatuan di Peringatan 17 Tahun Damai Aceh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa perdamaian Aceh di Helsinki, adalah sebuah sejarah besar bagaimana Indonesia dan Aceh akhirnya bersama 17 tahun silam.

“Bagi kita, perdamaian Aceh di Helsinki itu, tidak bisa hanya dianggap sebuah upaya kekerasan yang mengganggu keamanan, tetapi merajut kembali ke Indonesiaan kita yang sangat indah di dalam bingkai NKRI,” kata MAhfud MD di hadapan para tokoh asal Aceh yang tergabung di dalam Dewan Pengurus Pusat Diaspora Global Aceh di gedung Lemhanas RU, Jakarta Pusat, Senin (15/8).

Dalam acara yang bertemakan “Aceh Damai Dalam Bingkai Ke-Indonesia-an” itu, Mahfud menjelaskan tentang bagaimana kemunculan kolektif tentang kesadaran masyarakat Aceh menjadi bagian dari keluarga besar bangsa Indonesia yang ternyata sudah berlangsung sejak lama.

Salah satu buktinya adalah, dua tahun pasca Sumpah Pemuda, tepatnya tahun 1930, munculnya kata Indonesia dalam lagu daerah Aceh dan lagu daerah lainnya yang mengumandangkan kesatuan Indonesia.

“Oleh sebab itu kita bangga dan terharu punya Indonesia yang berangkat dari kebersatuan lintas etnis,” jelas Mahfud.

Konsep kebangsaan yang dianut oleh pendiri bangsa, menurut Mahfud, adalah kebangsaan yang tidak menghilangkan keberagaman.

“Identitas kebangsaan Indonesia tidak pada satu suku, ras, bahasa, atau pun agama tertentu. Identitas kebangsaan Indonesia adalah pada ide, gagasan, dan cita-cita untuk hidup merdeka dan menghapuskan penjajahan di atas dunia,” ujarnya.

Di akhir pidatonya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini sekaligus mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sampai kapanpun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Puji Kekompakan TNI Polri Sukses Selamatkan Pilot Susi Air

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan rasa syukur atas suksesnya misi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens dari sanderaan KKB Papua.

Ngasiman Djoyonegoro Apresiasi Negara Sukses Bebaskan Pilot Susi Air

Analis intelijen, pertahanan, dan keamanan, Ngasiman Djoyonegoro memberikan apresiasi kepada Menhan Prabowo Subianto, TNI, dan Polri yang telah berhasil membebaskan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens.

Kejagung Sukses Lelang Barang Rampasan Hingga Rp 13 Miliar

Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung berhasil melakukan proses lelang barang rampasan Skandal Pelabuhan atas nama terpidana Leslie Girianza Hermawan yang juga Direktur PT. Eldin Citra.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru