Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

700 Ribu Jemaah Haji Lansia Belum Diberangkatkan, Gus Yaqut : Kasihan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengklaim bahwa sampai dengan saat ini mereka masih terus melobi pemerintah Arab Saudi untuk menambah kuota jemaah haji.

Gus Yaqut juga menyatakan, untuk tahun mendatang pemerintah Arab Saudi bahkan sudah menyiapkan kuota khusus untuk keberangkatan haji berusia lanjut atau lansia.

“Mudah-mudahan tahun depan (kuota) bisa bertambah dan ada kuota khusus untuk jemaah lansia di atas 65 tahun,” kata Yaqut, Senin (15/8).

Sampai dengan saat ini saja menurut Yaqut, setidaknya ada 700 ribu jemaah lansia yang ingin mengikuti ibadah haji, namun harus tertunda karena aturan pembatasan.

“Mereka kasihan yang 700 ribu itu. Harus ada solusi dan mereka (Arab Saudi) menjanjikan insya Allah ada kuota khusus untuk lansia, tapi nanti akan kita bicarakan secara detail,” tuturnya.

Yaqut juga mengaku sempat meminta kuota untuk lansia dibuka hingga 100 persen. Namun, permohonan tersebut belum mendapat respon positif dari pihak Arab Saudi.

“Itu (quota haji lansia) keputusannya di Saudi, tapi saya mintanya 100 persen dia ketawa, jadi kita bicarakan situasinya,” kilahnya.

Dalam pelaksanaan haji tahun ini, Indonesia mendapat kuota sebanyak 100.051 orang. Rinciannya, kuota haji tersebut terdiri atas 7.226 kuota haji khusus dan 92.825 kuota haji reguler.

Sementara sbanyak 89 jemaah dinyatakan meninggal dunia saat menjalani pelaksanaan haji. Mereka terdiri dari 87 jemaah haji reguler dan dua jemaah haji khusus.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Gus Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu...

Kemenag Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Kuota Haji

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Isu jual beli kuota haji menjadi...

DPR Puji Haji Tahun 2024, Alhamdulillah Banyak Dapat Pujian Positif

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru