HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dua model mobil listrik Wuling Air EV telah resmi diumumkan harganya, dengan perbedaan harga Standard Range dan Long Range yakni Rp 57 juta.

Perbedaan harga tersebut, tentunya akan memberikan perbedaan dari setiap unit Air EV. Bukan hanya jarak tempuh, tapi juga berbagai hal teknis juga memiliki perbedaan seperti pada sistem pengereman.

“Untuk varian Standard Range sistem pengeremannya itu sudah dilengkapi dengan di bagian depan dan rem drum atau teromol di bagian belakang. Sedangkan untuk varian yang Long Range, rem cakram sudah tersedia di keempat rodanya,” kata Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko (12/8).

Kemudian, ukuran baterai yang digunakan keduanya juga berbeda. Untuk varian Standar Range, memiliki baterai sebesar 17.3 kWh, dan 26.7 kWh untuk yang Long Range. Sehingga, jarak tempuh yang bisa ditempuh kuha berbeda.

“Sesuai namanya, Standard Range dan Long Range itu yang menjadi pembeda utamanya adalah tentunya pada jarak tempuhnya. Yang mana kalau varian Standard Range itu bisa mencapai hingga 200 km, sedangkan varian yang Long Range bisa mencapai hingga 300 km,” lanjut Danang.

Sementara itu, kesamaan yang dimiliki kedianya antara lain motor penggeraknya yang punya daya maksimum hingga 30 kW, dan dihubungkan ke roda belakang.

Kemudian, mobil ini juga sudaj dilengkapi dengan dua buah airbag di sisi depan, ABS+EBD, hingga artificial sound.

“Karena mobil EV ini kan sebenarnya tidak menghasilkan suara seperti mobil bensin atau diesel pada umumnya, di Air EV ini kita tambahkan sound modul atau suara artificial ketika dia sedang berjalan dalam kecepatan rendah. Tujuannya untuk memberikan peringatan pejalan kaki sekitar bahwa ada mobil listrik mendekat,” tambah Danang.

Fitur keamanan standar khas mobil masa kini seperti alarm dan immobilizer juga sudah jadi standar di semua varian Wuling Air EV.

Teruntuk varian Long Range, ia sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC) dan electric parking brake berikut hill hold control, yang dapat menahan mobil tetap diam tanpa perlu kita aktifkan rem parkir.