HOLOPIS.COM, JAKARTA – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, memberikan apresiasi tinggi pada timnas U-16 Indonesia atas semangat juangnya yang luar biasa untuk bisa melaju ke final Piala AFF U-16 2022.

Diketahui, timnas U-16 Indonesia mampu melaju ke babak final Piala AFF U-16, berkat hasil kemenangannya atas Myanmar melalui adu penalti 5-4 (1-1).

Timnas U-16 Indonesia harus susah payah meladeni permainan bertahan ala Myanmar pada pertandingan yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8).

Bahkan, seluruh isi stadion sempat terhentak setelah Myanmar mampu menjebol gawang timnas U-16 Indonesia di akhir babak pertama.

“Saat timnas tertinggal 0-1 di babak pertama, saya masih yakin anak-anak ini masih bisa menyamakan kedudukan, sama seperti saat melawan Vietnam,” ujar Menpora Amali sebagaimana dilansir dari situs resmi Kemenpora, Kamis (11/8).

Gol penyama kedudukan pun lahir di menit 70, di mana sepakan indah Muhammad Riski Afrisal berhasil merobek gawang Myanmar.

“Saya melihat semangat anak-anak masih tetap hidup dan mereka tidak kehilangan konsentrasi serta tidak emosional. Walaupun terlihat begitu skor berimbang 1-1 Myanmar sudah bertahan total dan cenderung mengulur waktu,” ucapnya.

Dengan hasil imbang tersebut, pertandingan pun harus ditentukan melalui adu penalti, di mana seluruh algojo timnas U-16 Indonesia sukses menuntaskan misinya membawa pulang kemenangan bagi Merah Putih.

Atas hasil kemenangan itu, Menpora Amali turut menyampaikan selamat kepada para pemain dan pelatih atas kerja kerasnya.

“Kita patut bersyukur, timnas U-16 Indonesia bisa memenangkan pertandingan melawan Myanmar,” ungkapnya.

“Bagusnya anak-anak tidak kehilangan fokus. Saya ingin menyampaikan selamat kepada para pemain timnas kita dan juga selamat kepada Coach Bima Sakti,” tambah Menpora Amali.

Pada laga final Piala AFF U-16 nanti, Indonesia telah ditunggu Vietnam, di mana keduanya sempat bertemu di pertandingan terkahir babak penyisihan grup, dan skuad Garuda keluar sebagai pemenangnya.

Lanjut keterangannya, Menpora Amali berharap saat final melawan Vietnam skuad timnas U-16 Indonesia bisa pulih kembali.

“Kepada seluruh masyarakat terima kasih atas dukungan dan doanya,” pungkasnya.