HOLOPIS.COM, JAKARTA – Israel dikabarkan telah membuka kembali penyeberangan perbatasan ke jalur Gaza, Palestina pasca diberlakukannya gencatan senjata.

Dilansir dari Reuters Selasa (9/8), dibukanya penyeberangan perbatasan ke Gaza dapat berdampak baik, dimana truk pengangkut bahan bakar yang memasok satu-satunya pembangkit listrik Gaza bisa lewat hingga ketersediaan listrik kembali meningkat.

Diketahui, selama ditutupnya jalur tersebut, ketersediaan listrik mengalami penurunan hingga hanya delapan jam sehari. Kini diyakini keadaan akan normal kembali karena hal itu.

Sebagai informasi, gencatan senjata Israel dengan kelompok militan Jihad Islam Palestina (PIJ) ditengahi oleh Mesir secara langsung.

Meski sebelumnya diacuhkan Israel, namun setelah banyaknya korban jiwa warga palestina yang lumpuh, akhirnya negara Bintang Daud tersebut mengindahkan inisiasi gencatan senjata Mesir.

Upaya Mesir sebagai mediator antara Israel dengan Palestina pun disambut baik oleh juru bicara PIJ yakni Tareq Selmi. Ia mengatakan bahwa pihaknya menghargai apa yang dilakukan Mesir.

“Kami menghargai upaya Mesir yang telah dilakukan untuk mengakhiri agresi Israel terhadap rakyat kami,” ujar Tareq.