HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tiga wakil Indonesia dikabarkan batal mengikuti ajang BWF World Championship 2022 pada 22-28 Agustus mendatang.

Dilansir dari situs resmi PBSI Selasa (9/8), mundurnya tiga pemain Indonesia pada ajang BWF World Championship 2022 nanti, karena dinilai kurang siap untuk tampil.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Rionny Mainaky selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI pada Senin (8/8) kemarin, di mana ia mengatakan bahwa tiga pemain yang mundur dari BWF World Championship 2022 adalah Mychelle Crhystine Bandaso, Putri Syaikah dan Shesar Hiren Rhustavito.

“Ya, ketiga pemain tersebut sudah pasti kita tarik dari Kejuaraan Dunia. Ini karena mereka sebelumnya memang saya targetkan kalau dalam dua minggu terakhir ini mereka tidak bisa ke lapangan dengan program full, maka kita tarik, karena mereka tidak siap untuk bertanding,” ujarnya.

Terkait Mychelle, Rinonny menuturkan bahwa ia sejatinya sudah menjalani terapi. Hasilnya sudah membaik, dan dia sudah mencoba untuk mengikuti latihan di Pelatnas Cipayung bersama teman-temannya, namun dinilai belum bisa bergerak normal.

“Jadi dia harus terapi lagi, tapi saya rasa itu sudah maksimal. Kalau dalam sepuluh hari mereka tidak bisa ikut program yang full, saya anggap mereka tidak siap. Juga saya tanya kembali ke pemain, Mychelle menyebut memang tidak siap bertanding. Jadi kita tarik dari Kejuaraan Dunia 2022,” tambahnya.

Begitu pun dengan Putri Syaikah, Rionny menjelaskan bahwa cedera lutut yang diderita pemain yang akrab disapa Chika tersebut telah membaik. Selain itu, ia juga sudah bisa berlatih kembali, hasilnya pun menggembirakan.

“Tetapi ternyata sama saja. Untuk level pertandingan internasional atau Kejuaraan Dunia, dengan persiapan hanya dua minggu, meski kita paksakan saya rasa tidak mungkin. Dan atletnya pun sudah menyerah karena tidak sanggup. Jadi kita ambil keputusan untuk menarik Chika dari Kejuaraan Dunia,” ungkapnya.

Kemudian mengenai Vito, Rionny menyampaikan bahwa salah satu pemain andalan tunggal putra tersebut ditarik mundur karena mengalami cedera pada bagian betis.

“Kalau Vito memang dari penguatan karena dia mengalami cedera di bagian betis, dia pun sebenarnya sudah mencoba melakukan latihan penguatan dengan bersepeda. Tetapi dalam dua minggu terakhir hingga pekan lalu, dia tidak bisa masuk lapangan untuk latihan. Walaupun hanya untuk mencoba, dia tetap tidak bisa. Jadi kita menilai Vito tidak siap bertanding. Ketika kita tanya, atletnya pun merasa tidak siap. Maka kita tarik mundur juga,” lanjutnya.

Dengan demikian, tiga wakil Indonesia yang batal yakni pasangan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dari sektor ganda campuran, lalu di ganda putri ada Putri Syaikah/Nita Violina Marwah dan Shesar Hiren Rhustavito di tunggal putra.

Sebagai informasi, BWF World Championship 2022 itu sendiri dimulai pada 22-28 Agustus mendatang, di mana rencananya gelaran tersebut dihelat di Tokyo, Jepang.