HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis pasti sudah tak asing lagi dengan menu makanan gulai tikungan atau yang biasa disingkat gultik ini.

Gultik merupakan salah satu makanan khas di Jakarta, khususnya Jakarta Selatan. Menu makanan ini dapat dijumpai di belakang gedung Blok M Plaza. Biasanya, gultik di jual dengan porsi kecil, sehingga tak cukup makan gultik jika hanya satu porsi.

Nah, bagi Sobat Holopis yang ingin makan gultik tapi ragu untuk nambah, Sobat bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep gultik Blok M ala rumahan :

Bahan-bahan :
– 120 gram daging sapi
– 50 gram ati ampela ayam
– 20 gram tomat
– 5 gram daun bawang
– 2 gram bawang goreng
– 5 gram daun sledri
– 30 gram santan cair

Bumbu halus
– 10 siung bawang merah
– 10 siung bawang putih
– 5 buah kemiri
– 6 buah cabai merah
– 1 buah kunyit

Bumbu penyedap
– 1 batang serai
– ½ batang lengkuas
– 2 lembar daun jeruk
– 1 lembar daun salam

Cara membuatnya
1. Siapkan bumbu halus dan bumbu penyedap secara terpisah. Hancurkan bumbu penyedap dengan cara digeprek. Setelah itu potong dadu daging sapi dan ati ampela ayam. Lalu rebus daging sapi hingga empuk dan tambahkan garam dan merica untuk menambahkan rasa.

  1. Di dalam wadah terpisah lumuri ati ampela dengan bumbu kuning dan tambahkan garam dan merica sebagai penyedap rasa, lalu sisihkan.

  2. Langkah selanjutnya haluskan bumbu halus, kemudian panaskan panci dan masukkan minyak secukupnya.

  3. Setelah itu, tumis bumbu halus dan bumbu penyedap hingga harum. Tumis bumbu dengan api kecil supaya aroma dan rasa semakin keluar dan tidak gosong.

  4. Kalau aroma bumbu halus dan bumbu penyedap sudah tercium, kemudian masukkan rebusan daging, aduk hingga rata dan aromanya keluar. Jika aromanya sudah wangi masukkan air 100 ml, selanjutnya aduk merata hingga semua bahan tercampur. Tunggu hingga daging gultik mendidih dan matang. Jika sudah mendidih masukkan santan cair dari parutan kelapa atau santan instan.

  5. Sambil menunggu gultik matang, kamu bisa membuat sate ati ampela goreng. Caranya, tusuk ati ampela dan lumuri dengan kocokan telur. Selanjutnya goreng sate ati ampela hingga kering.

  6. Setelah itu, jika gultik sudah mendidih masukkan santan cair dan jangan lupa untuk terus diaduk supaya santan tidak pecah.

  7. Selanjutnya masukkan tomat, daun bawang, dan daun seledri. Masak hingga mendidih kembali hingga aromanya keluar.

  8. Gultik siap disajikan, taruh nasi di piring, siramkan gulai, taburkan bawang goreng dan kerupuk bawang. Gultik pun siap untuk disantap.

Nah itu dia resep gultik ala rumahan yang bisa Sobat Holopis coba, cukup mudah bukan? Happy cooking Sobat Holopis.