HOLOPIS.COM, JAKARTA – Turnamen ASEAN Para Games 2022 Solo telah tuntas. Dalam hal ini, Indonesia selaku tuan rumah kemudian menyerahkan estafet tuan rumah gelaran olahraga difabel terbesar se-Asia Tenggara tersebut kepada Kamboja.

Diketahui, Kamboja sendiri secara resmi didapuk sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-12 pada tahun 2023 mendatang.

Dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden Minggu (7/8), simbolis estafet bendera ASEAN Para Games diberikan kepada Kamboja selaku tuan rumah selanjutnya.

Mulanya, bendera ASEAN Para Games diberikan kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga selaku Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC).

Kemudian, dari Gibran langsung diberikan kepada Ketua Komite Nasional Paralimpiade (NPC) Indonesia yakni Senny Marbun, setelah itu beralih tangan ke Presiden ASEAN Para Sport Federation (APSF), Osoth Bhavallai.

Selanjutnya, bendera ASEAN Para Games diberikan kepada putra PM Kerajaan Kamboja, Hun Many dan berakhir di tangan Yi Veasna selaku Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee Kamboja.

Dengan demikian, Kamboja resmi menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022, dan dukungan terkait hal tersebut juga mengalir dari seluruh pihak, terutama dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas, kita sukseskan ASEAN Para Games ke-12 tahun depan di Kamboja,” seru Presiden Jokowi.

“Terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpiade Nasional Kamboja, Hun Many yang hadir di acara ini, dan berkenan sebagai tuan rumah tahun depan,” sambungnya.