HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertemu pada (5/8) dan membahas kerja sama antara dua negara.

Turki dan Rusia akan bekerja sama dalam proyek transportasi, pertantian, keuangan, industri konstruksi, dll.

“Sangat dibutuhkan implementasi persetujuan Istanbul, termasuk termasuk ekspor biji-bijian, pupuk, dan bahan mentah Rusia tanpa hambatan untuk mereka,” demikian pernyataan resmi dari Putin dan Erdogan, dilansir dari Reuters, Sabtu (6/8).

Kedua pemimpin juga menyetujui sebagian pembayaran gas Rusia dalam mata uang rubel. Tak hanya membahas kerja sama dibidang keuangan dan infrasutruktur, Rusia dan Turki juga menunjukkan prioritas mereka dalam melawan organisasi-organisasi teroris yang ada di Syria.

Seperti diberitakan sebelumnya, Turki telah menengahi kesepakatan yang ditandatangani oleh Ukraina, Rusia dan PBB di Istanbul pada bulan lalu,

Persetujuan tersebut membahas ekspor biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina yang  dilanjutkan setelah berbulan-bulan diblokir. Pemblokiran tersebtu sempat mengganggu pergerakan pasokan makanan di dunia.