HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lifter Indonesia yakni Tambi Sibarani berhasil mengantongi medali emas ASEAN Para Games 2022. Torehan tersebut disebutnya melampaui target, dan dipersembahkan untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dilansir dari Kemenpora, Sabtu (6/8), Tambi mampu dulang medali emas ASEAN Para Games 2022 melalui kategori angkatan terbaik 173kg.

Lifter asal Medan tersebut sukses menuntaskan perlawanan wakil Malaysia yakni Bryan Junency Gustin dan Min Zaw Win dari Myanmar di kelas 80kg.

Selain itu, dalam kelas yang sama, Tambi juga dapat merebut medali perak dalam kategori total angkatan, di mana angkatan 495kg jadi capaiannya. Sementara, medali emas didapat Bryan Junency Gustin dan perunggu oleh Min Zaw Win.

Terkait hal ini, Tambi pun menyampaikan bahwa dirinya tak menyangka bisa meraih medali emas, mengingat targetnya hanya sampai medali perunggu.

“Sangat bangga bisa membela negara Indonesia dalam ajang ini, rasanya terharu mendapatkan medali emas. Sebenarnya target adalah perunggu, tapi bisa dapat emas,” ujarnya.

Lanjutnya, Tambi mengungkapkan bahwa torehan medali emas tersebut dipersembahkan untuk HUT Kemerdekaan RI.

“Pokoknya berbuat yang terbaik untuk negara. Dipersembahkan (medali emas) untuk Indonesia yang akan memperingati kemerdekaan. Yang jelas terharu bisa sejauh dapat emas ini,” ungkapnya.

Tambi juga menambahkan, capaian tersebut didapat karena dirinya mengikuti betul apa yang diinstruksikan pelatih.

“Hasil bisa dilihat dan sangat bersyukur. Apalagi ini merupakan Asean Para Games pertama saya, jelas ini sangat spesial,” sambungnya.

“Kedepannya, saya akan lebih fokus dan meningkatkan performa. Untuk selanjutnya saya menunggu instruksi pelatih. Harapan event selanjutnya ini saya bisa ikut lagi dan meningkatkan prestasi,” pungkasnya.