Minggu, 29 September 2024
Minggu, 29 September 2024
NewsEkobizAirlangga Optimis Ekonomi RI Masih Bisa Tumbuh di Atas 5 Persen

Airlangga Optimis Ekonomi RI Masih Bisa Tumbuh di Atas 5 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto mengaku optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2022 masih bisa di atas 5 persen.

Rasa optimis ini bukan tanpa alasan, sebab berbagai indikator seperti indeks keyakinan konsumen serta Purchasing Manager Index (PMI) masih dinilai cukup baik.

“Pemerintah dengan indeks keyakinan konsumen juga baik dan PMI di 51,3 kami optimis angkanya di atas 5 persen,” katanya Airlangga seperti dikutip dari YouTube Setpres, Kamis (4/8).

Seperti diketahui, hantu inflasi akibat kenaikan harga komoditas global hingga kini masih terus membayangi perekonomian Indonesia. Hal ini didorong oleh kondisi global di mana terjadi krisis energi dan pangan.

Meski demikian, Airlangga menuturkan hal tersebut masih bisa diimbangi oleh turunnya sejumlah harga komoditas pangan seperti minyak goreng.

“Inflasi kita meningkat, namun kita lihat beberapa harga akan turun juga. Harga tepung terigu akan turun di kuartal pertama tahun depan. Beberapa komoditas juga relatif sudah turun termasuk minyak goreng,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu memastikan pemerintah akan terus menjaga inflasi demi mempertahankan daya beli masyarakat.

“Dan tentu yang utamanya adalah daya beli, kita masih menjaga inflasi kita saat sekarang…kemarin diumumkan di 4,9 persen namun kita lihat pertumbuhan ekonomi masih sedikit di atas 5 persen,” ujarnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Berkah MotoGP 2024 Mandalika, 2.500 Warga Lokal Dapat Kerjaan

Ajang Balap MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) nampaknya membawa kesan tersendiri bagi warga lokal.

Makin Ramai, Dampak Ekonomi MotoGP 2024 Mandalika Ditaksir Capai Rp 4,5 Triliun

Nilai perputaran uang sebagai dampak perekonomian adanya ajang balap MotoGP 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit diperkirakan mencapai Rp 4,5 triliun.

Bansos Beras Jokowi Bakal Berlanjut di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Juru Bicara Presiden terpilih Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras 10 kilogram (kg) bakal berlanjut di pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sepekan, Modal Asing Rp9,73 Triliun Kabur dari RI

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran aliran modal asing keluar bersih dari pasar keuangan domestik selama sepekan terakhir ini mencapai angka Rp9,73 triliun. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono.