HOLOPIS.COM, JAKARTA – Taukah sobat holopis apa itu agen rahasia? Di Indonesia kita memiliki BIN, Amerika Serikat memiliki CIA serta Inggris memiliki MI6, maka Korea Selatan mempunyai National Intelligence Services atau disingkat NIS.

Sama seperti CIA dan MI6, NIS juga sering diangkat menjadi salah satu tema dalam industri hiburan Korea Selatan.

Film maupun KDrama acap kali memasukan unsur NIS dalam proyek yang sedang digarap. Menampilkan agen rahasia yang terlatih serta terampil dalam menjalankan misi, sering kali peran tersebut membuat penonton kagum.

Berikut rekomendasu KDrama yang hadir dengan unsur Badan Intelijen Korea Selatan alias NIS.

1. Vagabond

Cha Dal Gun sangat terpukul dan marah saat menghadapi kematian keponakannya dalam kecelakaan pesawat yang misterius. Sebagai seorang yatim piatu, dia membesarkan keponakannya sendirian menggantikan saudara laki-lakinya yang telah meninggal. Dipicu oleh banyak hal yang ditutupi atas insiden tersebut, Cha Dal Gun memulai perjalanan untuk menemukan kebenaran.

Go Hae Ri adalah putri tertua dari seorang marinir yang meninggal dalam sebuah operasi. Dia selalu ingin menjadi pegawai negeri sipil yang untuk menghidupi keluarganya, tetapi Tuhan punya rencana lain dan dia berakhir sebagai agen rahasia National Intelligence Service (NIS).

Kehidupan Cha Dal Gul dan Go Hae Ri terjalin ketika mereka menemukan jaringan korupsi di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan keponakan Cha Dal Gun.

2. My Secret Terrius

Go Ae Rin adalah seorang ibu tunggal setelah kehilangan suaminya secara tak terduga, ia terlibat dalam perang mata-mata. Dia tinggal di apartemen di depan Kim Bon. Kim Bon yang memiliki nama sandi Terius adalah agen Black Ops untuk National Intelligence Service (NIS) yang bersembunyi setelah menghilang tanpa jejak.

3 tahun yang lalu, dalam operasi rahasia yang gagal, dia kehilangan wanita yang dicintainya. Sejak itu, Kim Bon bersembunyi di apartemennya, di samping Go Ae Rin, terisolasi dari dunia di sekitarnya dan hidup dalam kerahasiaan sambil mencoba mengungkap misteri di balik apa yang terjadi saat itu.

Saat insiden misterius muncul, di mana suami Go Ae Rin meninggal, mereka berdua bekerja sama untuk mengungkap konspirasi besar yang melibatkan suami Go Ae Rin.

Bergabung dengan mereka adalah Jin Young Tae, mantan penipu yang mungkin memegang kunci pencarian Go Ae Rin dan Kim Bon dan Yoo Ji Yeon sesama agen NIS.

3. Rugal

Kang Ki Beom adalah seorang perwira polisi elit dengan misi untuk menjatuhkan Argos, sebuah organisasi kriminal nasional, mengakibatkan sekelompok penyerang bertopeng dari Argos membunuh istri tercintanya dan mengambil kedua bola matanya. Kang terbangun di rumah sakit dan mendapati dirinya dituduh membunuh anggota keluarganya.

NIS kemudian mendekatinya dengan tawaran untuk menjadi anggota Rugal, tim khusus yang dibentuk oleh NIS. Dia menerima dua mata buatan dengan bioteknologi Rugal yang dibangun di dalamnya. Kang Ki Beom dan Rugal menjalankan misi untuk memusnahkan Argos.

4. Designated Survivor: 60 Days

Park Moo Jin adalah mantan profesor kimia dan sekarang memegang posisi Menteri Lingkungan. Dia tidak memiliki ambisi, keyakinan pribadi atau hasrat dalam politik.

Suatu hari, kabinet berkumpul di Majelis Nasional untuk menyampaikan pidato presiden. Serangan teror terjadi, menewaskan banyak pejabat pemerintah, termasuk presiden dan menteri.

Park Moo Jin adalah pejabat pemerintah berpangkat tertinggi yang masih hidup. Dia tidak menginginkan posisi itu, tetapi dia harus duduk sebagai penjabat presiden selama 60 hari. Park Moo Jin mengejar orang atau kelompok yang bertanggung jawab atas serangan itu ketika ia menjadi seorang pemimpin nasional.

5. City Hunter

Pada 1983, presiden Korea Selatan dan delegasinya mengunjungi Burma, sebuah bom yang ditanam oleh agen Korea Utara meledak, menewaskan beberapa pejabat tinggi. Peristiwa bersejarah ini disebut pemboman Rangoon. Untuk menyerang balik, lima pejabat Korea Selatan merencanakan operasi rahasia, dengan nama sandi Operation Cleansweep, untuk memasuki Korea Utara dan membunuh beberapa anggota tertinggi komando tinggi Utara.

Lee Jin Pyo (Kim Sang Joong) dan Park Moo Yeol (Park Sang Min) mengatur tim yang terdiri dari 21 orang untuk misi. Operasi tersebut berhasil, tetapi ketika pasukan berenang keluar dari Nampo ke kapal selam Angkatan Laut ROK, penembak jitu di atas kapal selam itu melepaskan tembakan ke arah mereka. Park yang sudah terluka mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan Lee. Lee berenang kembali ke pantai dan kembali ke Korea Selatan.

Berjanji untuk membalas dendam rekan-rekannya, Lee Jin Pyo menculik bayi laki-laki Moo Yeol dan menamainya Lee Yoon Sung (Lee Min Ho). Tujuh tahun kemudian, setelah berhasil menyelesaikan pendidikannya dan meraih gelar doktor di Amerika Serikat di Massachusetts Institute of Technology, Yoon Sung kembali ke Korea Selatan untuk memenuhi rencana balas dendam ayah angkatnya.

Dia bekerja di Blue House sebagai ahli IT di bawah Tim Jaringan Komunikasi Nasional. Dia diperingatkan oleh Jin Pyo untuk tidak mempercayai siapa pun dan tidak pernah jatuh cinta. Saat bekerja di Blue House, Lee bertemu dengan pengawal Kim Na Na (Park Min Young). Akhirnya Na Na berpartisipasi dalam rencana balas dendam Lee, karena mereka menemukan bahwa mereka memiliki tujuan yang sama.