HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa latihan militer China telah melanggar peraturan kedaulatan mereka dan secara gamblang memasuki teritorial pulau tersebut.

“Beberapa latihan militer China telah memasuki wilayah perairan Taiwan,” demikian dikatakan Juru Bicara Kementrian Pertahanan Taiwan, Sun Lo Fang dalam konferensi pers, Rabu (3/8).

Menurut Lo Fang, ini adalah tindakan tidak rasional dan terlampau berani karena telah menantang peraturan internasional.

Sementara itu, Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen, menerima kehadiran Pelosi dengan cara yang menantang kepada China. Ia menekankan bahwa Taiwan tidak akan merasa takut dengan banyaknya ancaman militer.

“Meskipun menghadapi banyak ancaman militer, Taiwan tidak akan mundur. Kami akan terus mempertahankan demokrasi kami,” kata Tsai.

Setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan dalam jadwal yang tidak diumumkan sebelumnya, Beijing langsung meradang dan menuduh Amerika Serikat sengaja melakukan provokasi.

Amerika Serikat menyikapi tuduhan itu dengan santai dan menekankan bahwa kunjungan seorang pejabat AS di Taiwan bukanlah sesuai yang baru dan luar biasa.