HOLOPIS.COM, JAKARTA – China mengecam keras kunjungan Amerika Serikat ke Taiwan yang dianggap sebagai provokasi. AS dianggap memperburuk hubungan dengan China karena telah ikut campur dengan urusan internal mereka.

Menanggapi respon yang begitu besar, Amerika Serikat justru beranggapan bahwa kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan adalah hal yang biasa saja.

“Tidak ada pelanggaran kedaulatan apa-apa di sini,” kata Juru Bicara Badan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, dilansir dari Agencies, Rabu (3/8).

Menurut Kirby, ini bukan pertama kalinya dilakukan kunjungan pejabat AS ke Taiwan.
Kirby juga tak terlalu ambil pusing terkait kabar pesawat tempur milik China yang mengarah ke Selat Taiwan.

Ia menekankan, Amerika Serikat tidak akan terintimidasi dengan ancaman apapun.

“Amerika Serikat tidak akan terintimidasi dengan ancaman. Kami memiliki komitmen keamanan di wilayah itu, dan kami menanggapi komitmen dengan serius,” tegas Kirby.

China sebelumnya mengatakan bahwa mereka tak ragu menggunakan kekerasan jika Taiwan tak mau menyerahkan wilayah mereka sebagai bagian dari China.

Sebuah pernyataan yang membuat semangat Taiwan semakin membara untuk melindungi kedaulatan mereka. Ditambah Taiwan yang saat ini sudah memegang janji Amerika Serikat untuk membantu mereka seandainya diserang oleh China.