HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan, bahwa partainya memutuskan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Airlangga Hartarto, kita sudah putuskan Partai Golkar capresnya adalah Airlangga Hartarto,” kata Bamsoet Selasa (2/8).

Bamsoet menjelaskan bahwa Golkar bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah membentuk satu poros yang sama, yaitu Koalisi Indonesia Bersatu.

“Nah Golkar, tentunya dengan PAN dan juga dengan PPP telah membentuk satu poros yang disebut dengan Koalisi Indonesia Bersatu, lanjutnya.

Saat ini, sudah terdapat empat poros dalam Pemilu 2024, yaitu poros PDIP, poros NasDem, poros Gerindra dan Poros Golkar.

“Faktanya apa sekarang, sekarang orang katakan ada empat poros, ada poros PDIP, ada poros NasDem, ada poros Gerindra, ada poros Golkar,”

Sehingga, menurutnya bentukan Koalisi Indonesia Bersatu menjadi bentuk pencegahan atas polarisasi pada Pemilu 2024.

“Ini bagian dari upaya kita mencegah atau mereduksi terjadinya polarisasi tersebut,” tambahnya.

Ia menyatakan bahwa dirinya (Partai Golkar) sudah menjadi satu bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu, sehingga polarisasi dapat diminimalisir. “Kita sudah bagian dari upaya Golkar, PAN, dengan PPP mencegah terjadinya polarisasi karena ada tiga pasangan calon,” pungkasnya.