HOLOPIS.COM, SERANG – Nelayan, wisatawan, pendaki serta masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di sekitar pusat erupsi di kawah puncak Gunung Anak Krakatau (GAK) dalam radius 5 kilometer.

Dari hasil pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ketinggian gunung anak krakatau saat ini berada di 157 meter dari permukaan laut (mdpl),

“Cuaca cerah berawan 26-28.3 derajat celcius dan 41-50 persen. pada pukul 12.00 – 18.00 WIB,” seperti dijelaskan KSDM Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Pos Pasauran Gunung Api Krakatau Fahrul Rozi, Minggu (31/7).

Sebagai informasi, status GAK saat ini berada di posisi level 3 atau Siaga. Dalam kondosi tersebut, tidak boleh ada kegiatan dalam radius 5 kilometer.

Jika dilihat secara visual, kabur 0 – III menyelimuti kawasan GAK sehingga asap kawah tidak bisa teramati. Kemudian, kegempaan law frekuensi Gunung Anak Krakatau terjadi satu kali, amplituda 6 mm dan durasi 4 detik.

Lalu, kegempaan vulkanik dangkal Gunung Anak Krakatau dua kali kejadian, amplituda 7-14 mm dan durasi 7-12 detik. Sementara itu microtremor/tremor menerus dengan amplituda 0.5- 7 mm dan amp dominan 0.5 mm.

Dengan demikian, hingga kini status Gunung Anak Krakatau direkomendasikan 5 km dan berbahaya bagi nelayan, masyarakat, pendaki gunung dan wisatawan jika mendekati kawah erupsi gunung api itu.