HOLOPIS.COM, JAKARTA – Junta militer Myanmar kembali berulah. Kali ini mereka dikabarkan menahan seorang warga negara Jepang yang langsung dikonfirmasi oleh pihak Kedutaan Besar.

“Saya konfirmasi bahwa seorang warga Jepang ditahan di Yangon, Myanmar,” demikian dikatakan oleh seorang pejabat dari kedutaan yang tidak mau menyebutkan namanya, seperti dilansir dari AFP, Minggu (31/7).

Terhembus kabar dari media lokal Jepang, bahwa identitas dari pria yang ditahan tersebut adalah seorang sutradara dan pembuat film bernama Toru Kubota.

Toru dikabarkan ditahan di dekat lokasi aksi protes anti pemerintahan beserta dengan dua warga negara Myanmar lainnya.

Toru Kubota
Sutradara film asal Jepang, Toru Kubota.

Namun, pihak kedutaan tidak menyebutkan secara resmi identitas dari WN Jepang yang ditahan di sana. Saat ini, Kedutaan Jepang tengah sedang melakukan kontak untuk berusaha membebaskan warga negaranya.

Sebagai informasi, kudeta militer di Myanmar telah membuat posisi negara tersebut tak stabil sejak tahun 2021. Kudeta yang memancing aksi protes itu telah menewaskan 2.000 orang dan 14.000 lainnya ditahan oleh junta militer.

Belum lama ini, junta militer Myanmar juga menuai kontroversi setelah menjatuhkan hukuman mati kepada empat tawanannya. Sebuah keputusan yang dikecam oleh dunia internasional.