HOLOPIS.COM, JAKARTA – Liburan menjadi hal paling dinantikan oleh orang yang memiliki aktivitas padat setiap harinya. Oleh karena itu, weekend merupakan kata yang paling disukai pekerja maupun anak sekolah.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang menyajikan banyak pilihan untuk Sobat Holopis menikmati hari libur. Keindahan alamnya mampu memanjakan mata dan menyegarkan pikiran.

Ini dia 5 tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa Sobat Holopis kunjungi ketika liburan nanti :

  • Goa Pancur, Pati

Destinasi wisata ini menyajikan air yang menggenang sepanjang goa yang memiliki batuan kapur membentuk stalaktit dan stalagmit yang mempesona.

Menariknya Goa ini membentang seperti petak sawah yang terdapat stalaktit batu tirai dan batu sayap.

Untuk menikmati keindahan ini Sobat Holopis hanya perlu mengeluarkan biaya Rp20.000.

  • Waduk Seloromo

Waduk ini menyajikan suasana yang sejuk dan menyegarkan, sehingga betah untuk berlama-lama di sini.

Waduk Seloromo sangat cocok digunakan untuk menyegarkan pikiran dan rehat dari padatnya rutinitas.

Waduk Seloromo dibangun pertama kali pada tahun 1930 oleh kolonialisme Belanda yang saat itu menduduki Hindia Belanda atau sekarang kita sebut Indonesia.

Harga tiket masuk ke waduk ini adalah Rp3.000, dan parkir motor sebesar Rp2.000. Sedangkan untuk mobil Rp.5.000 saja.

  • Pulau Panjang, Jepara

Pulau panjang ini menyajikan pasir putih yang menonjol dibandingkan pantai di sekitarnya. Sobat Holopis dapat menikmati deburan ombak di pulau ini dengan berkemah. Untuk biaya berkemah tergantung dari seberapa pandai Sobat Holopis bernegosiasi dengan penyedia jasa.

Selain itu, pulau ini memiliki akses yang mudah dijangkau dengan menyebrang melalui Pantai Kartini. Waktu perjalanan untuk sampai ke pulau yang memiliki luas 19 hektar ini, memakan waktu sekitar 15 menit. untuk biaya penyebrangannya cukup merogoh kocek sebesar Rp.10.000 – Rp20.000 saja.

  • Kota Lama, Semarang

Kota Lama mirip Kota Tua yang ada di DKI Jakarta yang menyajikan bangunan peninggalan masa kolonial Belanda jaman dulu. Zaman dahulu kawasan ini merupakan pusat perniagaan.

Kota Lama ini mendapatkan julukan The Little Netherland karena konsep dan tata kelola tempatnya mirip dengan salah satu kawasan di Belanda.

Untuk menikmati nuansa jaman Belanda Sobat Holopis tidak perlu mengeluarkan tiket sepeserpun karena untuk masuknya gratis.

  • Puri Maerokoco, Semarang

Tempat yang mendapatkan Taman Mini Indonesia Indah-nya Jawa Tengah ini merupakan tempat yang cocok bagi Sobat Holopis yang ingin berwisata sekaligus menambah wawasan tentang kebudayaan khas Jawa tengah.

Di Puri Maerokoco Sobat Holopis dapat menyajikan pakaian adat, rumah adat hingga permainan tradisional.
Harga tiket masuk ke Puri Maerokoco sebesar Rp10.000.

  • Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo

Solo atau Surakarta terdapat peninggalan raja Islam yang dikenal dengan nama Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dibangun pada tahun 1744 oleh Pakubuwana II.

Saat ini keraton dikelola oleh Pemerintah Kota Solo dan menjadi objek wisata sejarah yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Solo. Selain itu, tempat ini sering gunakan sebagai lokasi pagelaran budaya.

Tiket masuk ke Keraton sebesar Rp15.000. Jika ingin ditemani pemandu biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp70.000.

  • Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi yang kerap diselimuti oleh hamparan awan dan dikelilingi pegunungan hijau nan asri di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, Dieng memiliki udara yang segar dan dingin.

Selain itu, Dieng menyimpan objek wisata geologi dan yang menarik untuk Sobat Holopis datangi. Dieng menampilkan pesona kawah yang indah, telaga yang menarik, dan kawasan Candi Hindu.

Tiket masuk kawasan Dieng dibanderol sebesar Rp10.000, sedangkan untuk tiket wisata Dieng berkisar Rp5.000 – Rp25.000.