HOLOPIS.COM, JAKARTA – Rima Ferdianto selaku Sekretaris Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Committee (INASPOC), mengungkapkan bahwa kontingen Indonesia siap mengenakan seragam batik langka dalam defile opening ceremony ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Rima juga mengklaim bahwa batik yang akan dikenakan kontingen Indonesia di defile opening ceremony ASEAN Para Games 2022, belum pernah dijumpai sebelumnya.

Meski tak diungkapkan secara mendetail terkait motifnya, Rima menyebut bahwa pada bagian depannya, motif akan menggambarkan sejumlah daerah di Indonesia dengan balutan nuansa meraih dan putih di bagian belakangnya.

“Mereka akan mengenakan seragam dengan motif batik spesial dan langka yang tidak ditemui masyarakat sebelumnya,” ujar Rima, Sabtu (30/7),

Terkait konsep opening ceremony ASEAN Para Games 2022, Rima sebelumnya menyampaikan bahwa konsep yang digunakan nanti akan berbeda dengan multievent lainnya, di mana tribun penonton di Stadion Manahan Solo akan disulap menjadi panggung wayang besar.

“Ini multievent pertama yang menggunakan arena yang sama untuk upacara pembukaan dan perlombaan para-atletik,” tambahnya.

“Tribun penonton nantinya akan jadi panggung wayang. Sementara lapangan jadi tempat untuk penonton. Jadi setelah upacara pembukaan, Stadion Manahan bisa digunakan untuk perlombaan,” sambungnya.

Dapat diketahui secara seksama, opening ceremony ASEAN Para Games 2022 rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (30/7) pukul 19.00 WIB, dan akan disiarkan secara langsung di INews TV atau melalui platform streaming RCTI Plus.