HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jadwal ASEAN Para Games 2022 (APG 2022) akan terlebih dahulu dibuka oleh agenda opening ceremony atau upacara pembukaan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Acara opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 itu sendiri akan digelar pada Sabtu (30/7) pukul 19.00 WIB.

Terkait hal ini, sebelumnya Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI meninjau langsung persiapan ASEAN Para Games 2022.

Dilansir dari Antara Sabtu (30/7), Menpora Amali mengungkapkan bahwa persiapan opening ceremony ASEAN Para Games 2022 telah rampung.

“Kami telah melihat bersama dalam gladi opening ceremony ASEAN Para Games 2022. Semua sudah baik dan setting area juga sudah bagus, mudah-mudahan digiatkan lagi dan pembukaan bakal sukses” ujar Menpora Amali.

Lanjutnya, Menpora Amali optimistis opening ceremony ASEAN Para Games 2022 akan berlangsung bagus.

“Rencana opening ceremony ASEAN Para Games 2022 di Solo bakal dibuka oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin,” sambungnya.

Kehadiran Wapres K.H Ma’ruf Amin dalam pembukaan ASEAN Para Games 2022 nanti juga telah dipastikan oleh Gibran Rakabuming Raka selaku Ketua INASPOC.

Selain itu, Gibran juga memastikan bahwa para atlet sudah bisa menggelar pertandingan pasca opening ceremony.

“Usai pembukaan ASEAN Para Games 2022, para atlet bisa langsung menggelar pertandingan. Karena saya sudah mengecek semua arena pertandingan sudah siap semuanya untuk pertandingan para atlet,” kata Gibran.

Sebagai informasi tambahan, acara pembukaan ASEAN Para Games 2022 itu sendiri diperkirakan bakal dihadiri sekitar 10 ribu penonton, sera akan menyajikan acara yang dibalut dengan kebudayaan Jawa, mulai dari tarian hingga wayang yang menceritakan soal maskot APG 2022 yakni Rajamala.

Kemudian, untuk penutupan acaranya sendiri rencananya akan menampilkan tarian nusantara.

‘Striving for Equality’ atau Berjuang untuk Kesetaraan diambil sebagai tema ASEAN Para Games 2022, di mana akan ada 11 negara peserta Asia Tenggara di dalamnya.

Untuk masyarakat Indonesia tak perlu khawatir, opening ceremony ASEAN Para Games 2022 itu sendiri akan disiarkan secara langsung di Inews TV atau melalui platform streaming RCTI Plus.