Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizKemenkeu Akui Pemerintah Beli Laptop 500 Ribu Unit Tiap Tahun

Kemenkeu Akui Pemerintah Beli Laptop 500 Ribu Unit Tiap Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Staf Ahli Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi (OBTI) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sudarto Sahli mengakui anggaran belanja pemerintah untuk pengadaan laptop masih terbilang cukup tinggi.

Dalam setahun saja, pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah membeli laptop sebanyak 500 ribu unit lebih.

“Kebutuhan laptop pemerintah pusat maupun pemerintah daerah jumlahnya sangat besar, setiap tahun lebih dari 500 ribu laptop itu dibeli oleh unit, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” kata Sudarto dalam konferensi pers, Jumat (29/7).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Sudarto mengatakan bahwa pihaknya berencana melakukan konsolidasi pengadaan laptop dalam negeri. Menurutnya, langkah tersebut tak hanya berguna untuk menekan anggaran pembelian laptop saja, tapi juga untuk memperkuat kinerja industri dalam negeri.

“Artinya ini adalah suatu potensi memperkuat produksi dalam negeri,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Abdullah Azwar Anas menjelaskan, bahwa konsolidasi ini merupakan upaya pemerintah dalam melakukan efisiensi.

“Ini bagian upaya pemerintah untuk melakukan efisiensi yang semula pengadaan barangnya terpisah-pisah. Begitu terpisah-pisah ini harganya mahal, padahal sumber uangnya sama,” katanya.

Dengan adanya konsolidasi ini, maka harga laptop dapat ditekan lebih dalam berkat adanya diskon saat pembelian dilakukan dalam skala besar.

Nantinya, kebijakan ini tak hanya menguntungkan pemerintah sebagai konsumen saja, tapi produsen juga bisa turut diuntungkan dalam hal kepastian penjualan.

“Begitu bersama-sama dikonsolidasi ternyata diskonnya banyak dan murah. Dan ini bukan hanya menguntungkan buat efisiensi negara, tapi memberikan kepastian kepada industrinya karena kontrak payungnya akan ada diberi kepastian akan dibeli oleh kita,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.