Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizBank Dunia Gelontorkan Pinjaman Rp2,3 Triliun ke Sri Lanka

Bank Dunia Gelontorkan Pinjaman Rp2,3 Triliun ke Sri Lanka

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Dunia (World Bank) kembali menggelontorkan dana sebesar USD 160 juta atau setara Rp 2,38 triliun (kurs 14.917) kepada Sri Lanka. Bantuan keuangan berupa pinjaman itu diberikan kepada Sri Lanka yang saat ini tengah dilanda krisis ekonomi hebat.

“Bank Dunia sangat prihatin dengan situasi ekonomi yang mengerikan dan dampaknya terhadap rakyat Sri Lanka,” kata Bank Dunia dalam keterangan resminya, Jumat (29/7).

Tujuan diberikannya bantuan tersebut adalah agar Sri Lanka dapat memenuhi kekurangan ekstrem dari barang-barang penting, seperti obat-obatan, gas, makanan hingga bantuan uang tunai bagi masyarakat Sri Lanka berkategori miskin dan rentan.

“Selain itu, proyek lain yang sedang berjalan terus mendukung layanan dasar, pengiriman obat-obatan dan perlengkapan medis, makanan sekolah dan keringanan biaya kuliah,” tuturnya.

Bank Dunia menyebut, pihaknya bersama lembaga pelaksana akan terus berkoordinasi dalam melakukan kontrol pengawasan fidusia guna memastikan dana tersebut tepat sasaran, serta menjangkau yang miskin dan rentan.

“Kami akan terus memantau ini dengan cermat. Kami juga berkoordinasi erat dengan mitra pembangunan lainnya untuk memaksimalkan dampak dukungan kami bagi masyarakat Sri Lanka,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Bank Dunia juga berencana untuk mengucurkan program pinjaman baru bagi Sri Lanka sampai negara tersebut berhasil menyusun kerangka kebijakan ekonomi makro yang memadai.

Bank Dunia menilai, Sri Lanka dinilai harus mendorong adanya reformasi struktural yang mendalam dengan fokus pada stabilitas ekonomi. Negara tersebut juga diminta mengatasi akar penyebab utama terjadinya krisis untuk memastikan pemulihan ekonomi ke depan.

“Ini membutuhkan reformasi struktural mendalam yang berfokus pada stabilisasi ekonomi, dan juga mengatasi akar penyebab struktural yang menciptakan krisis ini untuk memastikan pemulihan dan pembangunan Sri Lanka di masa depan yang tangguh dan inklusif,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.